Sabtu, 31 Maret 2012

Pembangunan Jembatan Pedamaran I dan II, mengatasi keterisoliran


BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Dibangunnya jembatan Pedamaran merupakan salah satu upaya pemerintah kabupaten Rokan Hilir dalam upaya mengatasi terisolasinya beberapa daerah di pesisir wilayah Kabupaten Rokan Hilir. Selain itu pembangunan Jembatan Pedamaran juga dapat memperingkas hubungan taransportasi dari daerah terisolir ke ibukota kabupaten Rokan Hilir yakni Bagansiapiapi. Demikian dikatakan oleh kepala Dinas Bina Marga dan pengairan (kadibimair) Rokan Hilir (Rohil), Nasri ketika ditemui KABARROHIL di ruang kerjanya di kantor jalan kecamatan bagansiapiapi, Sabtu (31/3).

“Dalam rangka pemerataan pembangunan dan percepatan pembangunan ekonomi adalah dengan penyediaan prasarana transportasi dalam bentuk pembangunan jalan dan jembatan,”ujarnya.

Disebutnya, dengan tersedianya prasarana transportasi jembatan yang menghubungkan daratan dari bagansiapiapi ke pulau Pedamaran yang selanjutnya ke daratan pesisir kubu dapat mendukung pengembangan berbagai sector. Diantaranya meningkatkan sector perekonomian, pertanian, perkebunan, peternakan, industry dan  pariwisata. Lebih lanjut kadis Bimair Rohil ini juga menegaskan dengan pembangunan jembatan pedamaran sebagai penghubung dan sarana transportasi juga dapat meningkatkan pengembangan kegiatan social perdagangan antar daerah. Selain itu ditambahkannya juga untuk meningkatkan social politik dan budaya daerah yang berguna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Seiring dengan perkembangan kawasan pantai timur provinsi Riau khususnya kabupaten Rokan Hilir membuat jaringan jalan lintas pesisir Rokan Hilir,”katanya.

Dijelaskannya, jalan lintas pesisir tersebut, dari perbatasan antara Dumai dengan Rokan Hilir menuju Sinaboi, ke Bagansiapiapi, terus ke labuhan tangga terus ke jembatan pedamaran I ke pulau Pedamaran. Dari Pulau Pedamaran menyeberang lagi melalui jembatan Pedamaran II menuju teluk piyai terus ke penipahan menuju ke perbatasan wilayah antara Rohil dengan sumatera utara sehingga jalan tersebut menuju ke tg balai asahan. Dia mengatakan bahwa jembatan Pedamaran I berukuran panjang 1020 meter dengan lebar 80 meter dan jembatan pedamaran II berukuran 1411 dengan lebar 70 meter. Semua jembatan tersebut dengan pylon cable stay. Disebuitnya diperkirakan akhir tahun 2012 jembatan pedamaran I kelar.

“Terwujudnya jembatan Pedamaran I dan Jembatan Pedamaran II yang melintasi sungai Rokan akan dapat menjawab jaringan jalan lintas pesisir tersebut,”pungkasnya.(andi krc)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar