Senin, 04 Oktober 2010

MISRAN RAIS : Pencipta Hymne Rokan Hilir dan Mars Rokan Hilir

BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL- Dengan lengkap berpakaian veteran bertopi kuning pria lahir 82 tahun silam (1928,red) keluar dari gedung serbaguna. Pria tersebut usai mengikuti sidang istimewa DPRD Rohil dalam rangka memperingati hari jadi kabupaten Rokan Hilir digedung serbaguna jalan utama Bagansiapiapi, Senin (4/10). Tidak disangka dua belas tahun lalu (tahun 1998,red) lelaki gaek inilah yang menciptakan Hymne dan Mars Rokan Hilir.

“Hymne Rokan Hilir dan Mars Rokan Hilir diciptakan pada bulan Desember 1998,”terang H.Misran Rais ketika ditemui KABARROHIL di teras gedung serbaguna tersebut.

Dikatakan oleh Misran Rais lagu ciptaannya Hymne Rokan Hilir dan Mars Rokan Hilir tersebut selesai dikerjakannya karena atas saran Komite Perjuangan Rokan Hilir Amran Rambah. Ia menerangkan bahwa lagu tersebut diciptakan dengan not balok dan not angka.

“Untuk pertama kali Hymne Rokan Hilir dan mars Rokan Hilir itu dinyanyikan dalam Mubes pertama Pembentukan Rokan Hilir di yayasan perguruan wahidin jalan pahlawan Bagansiapiapi,”kata Misran Rais.

Kemudian itu dijelaskannya kedua lagu tersebut disahkan DPRD Rohil untuk menjadi Hymne Rokan Hilir dan Mars Rokan Hilir.

Sementara itu ditempat yang sama Rasmali,SH ketua fraksi partai Golkar Plus anggota DPRD Rohil mengatakan Hymne Rokan Hilir dan Mars Rokan Hilir akan didaftarkan ke Departemen Hukum dan HAM Jakarta sebagai kekuatan hukum hak cipta terhadap kedua lagu tersebut.

“Kita bangga Hymne Rokan Hilir dan Mars Rokan Hilir dicipta oleh putra Rokan Hilir sendiri,”kata Rasmali,SH.

Diharapkan oleh anggota DPRD Rohil Komisi III ini agar dinas pendidikan dapat mensosialisasikan kepada guru dalam memberikan pelajaran seni dan budaya dengan menyanyikan Hymne Rokan Hilir dan Mars Rokan Hilir itu di setiap sekolah.

“Diharapkan dinas pendidikan Rokan Hilir mengintruksikan kepada guru sekolah TK,SD,SMP dan SMA sederajat dapat mengenalkan Hymne Rokan Hilir dan Mars Rokan Hilir itu kepada anak didiknya sehingga lagu kebangsaan Indonesia Raya, lagu Hymne Rokan Hilir dan lagu Mars Rokan Hilir setiap siswa wajib menghafalnya. Kalau perlu diadakan lomba lagu untuk menyanyikan kedua lagu tersebut bagi siswa dan siswi,”tandasnya. (Gun).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar