Rabu, 11 Mei 2011

Sekurangnya 100 pintu lebih di sinaboi hangus dilalap sijago merah






BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Sekira seratus pintu rumah hangus dilalap sijago merah di kepenghuluan sinaboi kecamatan sinaboi, Rabu (11/5) termasuk satu rumah ibadah umat tionghoa (pek khong,red) dan tujuh kantor pemerintah serta instansi. Kebakaran di perkotaan sinaboi pesisir pantai tersebut berlangsung sekira jam 12.15 wib hingga jam 16.00 wib memberanguskan kantor perikanan sinaboi, kantor syahbandar sinaboi, kantor babinsa sinaboi, kantor polsek sinaboi, kantor Dishub UPTD Sinaboi, kantor Bea dan cukai sinaboi dan poskamla sinaboi serta rumah ibadah ta pe khong dan rumah masyarakat. Diperkirakan kebakaran berpunca dari arus pendek listrik dan mengalami kerugian sekira tiga milyar.

Menjawab KABARROHIL, camat Sinaboi Basri menerangkan bahwa terjadinya kebakaran jam 12.15 wib dan berasal dari rumah salah satu warga Oki jalan Utama RT 02/RW 01 kepenghuluan Sinaboi kecamatan sinaboi. Diperkirakan kejadian tersebut berasal karena arus pendek listrik. Camat Sinaboi mengatakan bahwa untuk mengatasi kebakaran tersebut dikerahkan 3 mesin pompa jenis dong peng.

Dijelaskannya kejadian kebakaran tersebut menjalar disebabkan keadaan angin yang kencang bermula bertiup angin timur dan kemudian angin barat yang dengan cepat sijago merah menjalar menghabisi rumah penduduk tersebut. Petugas pompa air untuk mengatasi kebakaran tersebut tidak bias dari dekat karena api yang semakin besar.

Camat sinaboi juga menambahkan bahwa pihak kecamatan telah membuka posko kebakaran di kantor camat sinaboi dan juga GOR sinaboi akan digunakan jika membludak. Basri mengungkap bahwa kantor camat dipergunakan karena lokasi yang strategis,di jalan lintas, dengan fasilitas gedung dan persediaan air bersih yang bagus.

“Selama kota Sinaboi kali ini merupakan kebakaran yang terbesar. Sampai saat ini belum ada yang melaporkan terjadinya korban jiwa,”tutur Basri. (andi wrc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar