Kamis, 18 Oktober 2012

Mengawasi kesehatan hewan kurban sangat penting, Kadistannak sebut sebelum membeli hewan kurban pembeli harus cermat



BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Dinas pertanian dan perternakan kabupaten Rokan Hilir akan selalu mengawasi kesehatan hewan ternak untuk kurban. Karena masalah kesehatan hewan kurban sangat penting agar tidak terjangkit penyakit seperti penyakit anthrak. Demikian ditegaskan oleh Kadistannak ir Muslim kepada KABARROHIL didampingi oleh Kabid Kesehatan hewan ir Muhammad Amin,MSi beberapa waktu lalu ketika ditemui di kantor Kadistannak Rokan Hilir (Rohil) jalan Kecamatan komplek perkantoran batu enam Bagansiapiapi.

“Masalah kesehatan hewan kurban sangat penting,”tuturnya.

Oleh sebab itu diharapkannya petugas puskeswan ikut selalu meninjau kelapangan terhadap kesehatan hewan kurban. Hal ini disebutnya sebagai langkah antisipasi penyakit pada hewan selain antisipasi terhadap penyakit antraks pada hewan.

Namun karena keterbatasan dokter hewan maka dihimbau kepada pembeli hewan kurban agar dapat menempatkan di satu tempat didalam pemeriksaan hewan kurban. Hal ini agar para petugas dapat memeriksa hewan kurban tersebut sekaligus, sebutnya..

Dijelaskannya, selain antraks sejumlah penyakit yang perlu diwaspadai pada hewan kurban salah satunya penyakit mata merah. Karena penyakit ini bisa saja terjadi pada hewan kambing maupun hewan sapi. Disebutnya penyakit mata merah ini dapat dilihat secara klinis seperti mata pada hewan merah bengkak, berair dan keluar cairan bernanah serta mengalami iritasi.

“Untuk itu pembeli harus cermat sebelum membeli hewan kurban,”tandasnya.(krc 01)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar