Jumat, 21 Agustus 2009

Tinjau Suasana Jelang Ramadhan di TPU Kota Ikan Bagansiapiapi

>>TPU Pusara Hilir Dipenuhi Penziarah

BAGANSIAPIAPI, (KABARROHIL) – Ribuan masyarakat memenuhi jalan pusara Hilir Bagansiapiapi, Jumat (21/8) hari ini. Mereka mendatangi jalan Pusara hilir karena merupakan salah satu tempat pemakaman umum (TPU) di kota Bagansiapiapi. Masyarakat berduyun-duyun sehingga suasana jalan pusara hilir tersebut macet. Mereka kebanyakan membawa sanak saudara untuk berziarah kekuburan keluarga yang telah meninggal. Pada kesempatan itu pula para penjaja bunga rampai menambah penghasilannya bahkan stukang parkirpun ikut menambah hasil setahun sekali tersebut.

“Penjaga parkir tersebut pemuda sini, Kotak amal itu untuk kebersihan lahan perkuburan,”ujarnya Toha sipenjaga kubur tersebut kepada KABARROHIL, Jumat (21/8) hari ini.

Ia mengatakan bahwa menjelang empat hari memasuli awal bulan ramadhan dirinya telah meracuni rumput-rumput di lahan perkuburan itu sehingga disaat orang berziarah kepemakaman keluarganya masing-masing rumput tersebut telah mati. Namun demikian dirinya tidak mematok upah dari hasil kerjanya tersebut. Ia mengatakan bahwa sumbangan untuk hal tersebut dirinya memasang kotak amal dipinggir jalan hendak memasuki tanah perkuburan tersebut.

“Saya hanya memasang kotak sumbangan bagi penziarah yang rela memberikan sumbangan agar tanah perkuburan tersebut tetap bersih. Uang itu untuk membeli racun rumput,”ujarnya Toha.

Ia juga mengatakan bahwa sehari-hari tugasnya adalah menjaga tanah perkuburan tersebut agar bersih. Ia juga menerima borongan jika ada yang memesan batu nisan bahkan menambak pekuburan. Harga untuk batu nisan dan menambak kubur tersebut bervariasi tergantung model keinginan dari keluarganya.

“Ongkosnya bervariasi tergantung sipemesan,”ucapnya. (GUN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar