Selasa, 19 Oktober 2010

Peran tokoh,cerdik pandai sangat besar dimasyarakat

BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL- Badan Kesatuan bangsa politik dan Linmas Kabupaten Rokan Hilir (Bakesbangpollinmas Rohil) menggelar sosialisasi peningkatan rasa solidaritas dan ikatan sosial dikalangan masyarakat yang dilaksanakan di gedung Serbaguna SMP Negeri 1 Bangko jalan Sumatera Laut Bagansiapiapi, Selasa (19/10). Acara tersebut dihadiri oleh kalangan tokoh masyarakat, tokoh agama dan kalangan cerdik pandai dikabupaten Rohil. Ikut hadir dalam pembukaan itu dan juga sebagai nara sumber Danramil Bangko Kapten (inf) S.L Harahap, Kabid Kesatuan bangsa Bakesbangpollinmas Provinsi Riau Drs Taslim, Kabag Humas Polres Rohil AKP Ruslan dan beberapa orang dari pihak Mapolres Rohil.

Ketua Panitia pelaksana Evadiana,S.Sos mengatakan bahwa masyarakat yang mendiami Kabupaten Rohil terdiri dari pelbagai suku dan agama oleh sebab itu untuk mengeratkan rasa nasionalisme dan kebangsaan sehingga tidak terjadi konflik antara masyarakat maka dilaksanakan sosialisasi ini. Lanjutnya mengatakan bahwa sosialisasi ini menggunakan anggaran yang diambil dari dana APBD Rohil.

Sedangkan Kepala Badan Kesbangpollinmas Rohil, Ahmad Kurnia mengatakan bahwa sosialisasi ini untuk menyelenggarakan semacam diskusi mengambil kata kesepahaman dan kesepakatan demi terciptanya persatuan dan kesatuan daerah Rohil. Dikatakannya bahwa dirinya di ijinkan bupati untuk melaksanakan acara ini.

Sebagai umat manusia dan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri maka diharapkan kehadiran peserta disini bisa saling menciptakan solidaritas sosial untuk memikirkan dan menyamakan satu persepsi untuk ikut serta dalam perkembangan pembangunan Kabupaten Rohil sehingga tidak terjadi kesenjangan sosial dan benturan diantara masyarakat.

“Kabupaten Rohil saat sekarang ini aman dan terkendali namun kita mengharapkan kondisi kondusif selalu terjaga hingga kedepan,"tuturnya.

Lanjutnya mengatakan sebagai tokoh agama, tokoh masyarakat dan cerdik pandai dapat mengadakan sesi tanya jawab seperti diskusi yang akan pecahkan secara bersama-sama. Ditambahkannya jangan sampai ada solidaritas yang menyimpang dan salah karena yang ditanamkan adalah solidaritas persatuan dan kesatuan bangsa untuk membangun Rohil kedepan.

“Mudah-mudahan tidak terjadi gejolak dalam pemilukada Rohil 2011 mendatang,"katanya.

Dikatakan Ahmad Kurnia bahwa sebuah emosional merasa tidak terjadi rasa kepuasan pada diri yang akhirnya menghalalkan berbagai cara yang harus diantisipasi. Dengan melakukan sosialisasi kepada tokoh masyarakat agar dapat memberikan pengarahan kepada masyarakat disekitarnya.

Dikatakannya Ahmad Kurnia ada beberapa hal yang perlu diingat yakni kepada tokoh agama dapat memberikan pemahaman tentang arti pentingnya solidaritas yang perlu ditanggulangi dengan baik. terutama adanya aliran yang agak menyimpang.

“Keberagaman kita ini yang kita syukuri karena dapat menjadikan perbandingan untuk mendorong menjadikan yang lebih bagus lagi. Dan kita bangun solidaritas yang baik agar pembangunan yang dilaksanakan menjadi lebih baik lagi sehingga dapat mensetarakan dengan kabupaten lainnya yang telah lama dibentuk,”tandasnya. (gun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar