Minggu, 09 Januari 2011

Bagan Punak Pesisir berpotensi lahan penanaman padi

BANTAYAN,KABARROHIL-Kadis Pertanian dan Peternakan Rohil Bachtiar ST.MT mengatakan sudah merencanakan penanaman padi seluas 300 Ha di wilayah kepenghuluan bagan punak Pesisir dalam satu hamparan. Ia mengatakan sebelumnya bantuan dari pusat sudah dikucurkan untuk hamparan seluas 200 Ha dan hamparan seluas 200 Ha itu sudah ditanami.

Demikian diungkapkan oleh mantan kadis PU ini menjawab KABARROHIL ketika ditemui disela acara pelantikan penghulu Bantayan dan penghulu Bantayan baru di halaman SMPN 1 Batu Hampar jalan lintas ke Bagansiapiapi, Sabtu (8/1) akhir pekan kemaren.

"Karena wilayah lahan dan penanaman tersebut berpotensi untuk penanaman padi,"katanya.

Ia menjelaskan untuk sementara ini masih belum ada pengembangan dari dana APBD. Ia merasa khawatir di wilayah Bagan Punak akan dialih fungsikan dari lahan terlantar menjadi lahan sawit.

Dikatakannya dalam program bantuan APBN departeman Pertanian tersebut masyarakat hanya menyediakan lahan. Mereka tersebut dikasih bibit setelah lahan dibersihkan kemudian ditanam, hasilnya milik masyarakat.

Bachtiar.ST.MT mengatakan masyarakat tersebut mempunyai kelompok tani. Lanjutnya mengatakan dalam satu kelompok tani bervariasi ada yang beranggota 200 orang juga ada yang beranggota 50 orang petani.

"Tergantung dari pada kepemilikannya,tandasnya. (andi wrc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar