Jumat, 21 Januari 2011

Wabup himbau agar Bantuan peralatan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya

BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Acara penyerahan alat tangkap ikan oleh Wabup H.Suyatno kepada 56 nelayan digelar di gedung kantor Diskanlut Rohil jalan kecamatan batu enam Bagansiapiapi,Jumat (21/1). Acara itu dihadiri oleh Kadiskanlut Rohil H.M Rusli Syarief ,Kadis Bapedalda H Surya Arfan,Kadis Pasar H Sukma Al Falah, jajaran Dinaskanlut Rohil, dan jajaran kelurahan Bagan Hulu. Bantuan dari Pemdakab Rohil itu diterima langsung oleh masyarakat nelayan yang merupakan program Pemkab Rohil untuk pengurangan angka kemiskinan dalam upaya mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Rokan Hilir.

"Asalkan jangan diperjual- belikan. Tolong dimanfaatkan dengan baik untuk mencari nafkah dilaut. Namun diingat dalam mengarungi laut saat ini harus berhati-hati sebab cuaca dilaut tidak kondusif,"tutur Wakil Bupati H Suyatno saat menyampaikan sambutannya.

Wabup Rohil H.Suyatno mengatakan program ini merupakan salah satu program Pemkab Rohil yang merasa peduli untuk memperhatikan nasip para nelayan dalam upaya meningkatkan hasil kehidupan dari laut. Harapan Wabup H.Suyatno pada 5(lima) tahun kedepan sudah tidak ada lagi masyarakat nelayan yang menggunakan alat tangkap tradisional dengan bersampan dayung mengarungi lautan lepas.

“Dari hal inilah Pemkab terpanggil untuk membantu agar lebih meningkatkan sarana dan prasarana peralatan para nelayan tradisional secara bertahap,"ucap Wabup Suyatno.

Menurut wakil Bupati,bantuan sarana dan prasarana bukan saja diberikan kepada masyarakat nelayan akan tetapi juga diberikan juga kepada masyarakat petani melalui kelompok tani. Dikatakan wabup bantuan diberikan akan dievaluasi dan dimonitor sehingga bantuan tersebut tidak disalah gunakan,hal ini dilakukan agar bantuan tersebut tepat sasaran.

"Saya harapkan bantuan ini dipergunakan dengan semestinya. Nelayan yang diberi mesin saya harapkan kedepannya tidak lagi menggunakan perahu dayung lagi tetapi telah memakai mesin. Bantuan mesin yang diberi jangan dijual, begitu juga belat jangan dijual dan jaring untuk selimut,"katanya.

Wabup Suyatno mengatakan pemdakab Rohil melalui Diskanlut Rohil juga memberikan bantuan untuk masyarakat yang tidak mampu kelaut dan beralih kepeternakan ikan kolam darat. Ia mengatakan bantuan tersebut melalui program bantuan berupa bibit ikan tambak kolam darat yang disesuaikan dengan kondisi kolam secara langsung.

“Bagi nelayan yang punya tambak ikan juga bakal menerima bantuan bibit ikan. Kami pemerintah akan terus berbuat apalagi pada pemerintahan yang akan datang tetap diajukan oleh pemerintah daerah,”tandasnya. (andi wrc/gun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar