Senin, 14 Februari 2011

Harsono unggul di Bagan Jawa, Hasil pemilihan langsung oleh masyarakat.

BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Akhirnya Harsono mencapai keinginannya sebagai penghulu bagan jawa kendati tujuh tahun lalu kalah dalam pemilihan penghulu di desa yang sama. Pemilihan penghulu di kepenghuluan Bagan Jawa Bagansiapiapi kecamatan Bangko tersebut berlangsung aman, damai, tertib dan lancar. Pemilihan ditempatkan di delapan TPS (Tempat pemungutan suara,red). Demikian dikatakan ketua pemilihan penghulu Baganjawa Josrianto didampingi sekretarisnya Sudirman ketika ditemui di sekretariat jalan Teguh I Bagansiapiapi, Senin (14/2).

“Pemilihan penghulu sudah berlangsung dan keadaan aman, damai, tertib dan lancar,”tutur Josrianto.

Dikatakannya bahwa pemilihan tersebut berlangsung di delapan TPS yang kemudian kotak suara dikumpulkan di sekretariat untuk dihitung secara bersama-sama dengan disaksikan oleh para kandidat penghulu. Ia menjelaskan pemilihan berlangsung sejak pukul 08.00 wib hingga jam 12.30. wib selanjutnya penghitungan suara di sekretariat dimulai sejak jam 13.00 wib hingga selesai jam 23.30 wib.

“Pemilihan dimulai di TPS masing-masing sejak jam 08.00 wib dan ditutup jam 12.30 wib. Kotak suara dengan pengawalan Linmas, para saksi TPS, ketua TPS dibawa ke sekretariat pemilihan penghulu yang kemudian jam 13.00 wib dimulai penghitungan hasil suara,”tuturnya.

Diterangkannya dari hasil penghitungan calon penghulu bernomor 2 (dua) Harsono unggul memperoleh suara terbanyak dengan mencapai sebanyak 910 suara. Kandidat calon nomor empat Sofyanto ditempat kedua dengan suara sebanyak 708 suara.

“Calon penghulu bernomor dua Harsono unggul mencapai suara terbanyak mencapai 910 suara,”terangnya.

Hasil pantauan di lapangan pemilihan penghulu tersebut berlangsung aman, tertib dan lancar. Disaat pemilihan para enam kandidat bersama pengawas dan penghulu Yusnidar mengunjungi di setiap TPS secara bersama-sama. Keenam calon tersebut yakni nomor satu Asmianto, nomor dua Harsono, nomor tiga junaidi, nomor empat Sofyanto, nomor lima Masri Sipayung dan nomor enam Alanto.

Menurut data yang diperoleh jumlah pemilih di Bagan Jawa sebanyak 4432. Dari hasil rekapitulasi tally hasil suara calon Asmianto mencapai suara sebanyak 148 suara, kemudian calon Harsono mencapai suara 910 suara, calon Junaidi mencapai suara 442 suara, calon Sofyanto mencapai hasil suara sebanyak 708, sedangkan Masri Sipayung memperoleh hasil suara sebanyak 604 suara dan Alanto mencapai suara sebanyak 319 suara sedangkan yang batal sebanyak 56 suara. Hasil tersebut sebanyak 3187 suara yang ikut memilih penghulu secara langsung itu dengan sebanyak 3131 suara yang sah dan 56 suara batal. (gun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar