Jumat, 30 Desember 2011

Warga Sungai Bakau harap program kegiatan Pencucian Parit

SUNGAI BAKAU,KABARROHIL-Masyarakat Sungai bakau mengharapkan adanya pembukaan tali air dalam arti pencucian parit poros agar jalan air menjadi lancer. Hal ini sebagai antisipasi membludaknya debet air di musin penghujan. Demikian disampaikan  warga dalam Reses anggota DPRD Rohil, Rasmali,SH di sungai Bakau, Kamis (29/12) kemaren.

Salah satu warga, M. Simamora dari RT 01/RW 01 dalam pertemuan reses itu mengusulkan pencucian parit di jalan poros di wilayah Sungai bakau terutama di sepanjang jalan poros sinaboi ke Bagansiapiapi. Dia  menyatakan bahwa pintu air tersebut diutamakan agar dapat di bersihkan karena merupakan jalan utama air yang dating dari segala pelosok. Dikatakannya hal ini diusulkan kepada anggota Dewan sebagai penyambung aspirasi masyarakat karena pembersihan parit itu untuk kepentingan masyarakat banyak. Disebutnya bahwa parit sepanjang jalan poros sinaboi ke Bagansiapiapi itu merupakan parit utama sepanjnag 10 kilometer. Daitambahkannya, sementara ini telah ada aksi swadaya masyarakat yang hanya dapat dibersihkan sepanjang 850 meter saja. Dijelaskannya dengan besarnya parit utama tersebut maka dikatakannya dapat untuk mengatasi masalah banjir. Hal ini disebutnya karena air dapat mengalir dengan lancar.

Sementara itu warga lainnya, Widarya warga dari RT 08 Kuala Sei kecil mengharapkan pembangunan lanjutan semenisasi jalan.  Hal ini, disebutnya sangat diperlukan masyarakat tempatan untuk akses penghubung.  Kemudian itu Dia juga mengusulkan pengadaan sumur bor didaerah mereka. Hal yang sama juga disampaikan oleh Subiyanto warga RT 05. Dia juga mengharapkan didaerahnya ada sumur bor untuk kepentingan air minum dan MCK (mandi cuci dan kakus,red).

Kemudian jalan utama dari jalan poros sinaboi ke Bagansiapiapi menuju ke pelabuhan Sungai Bakau diminta juga diminta warga kepada Rasmali agar di perlebar sehingga dapat perselisihan mobil. Dijelaskannya jalan tersebut sepanjang 1,5 Km. Sedangkan yang ada saat ini selebar tiga meter. Sementara itu disebutnya  warga siap lahan untuk pelebaran jalan itu.

Sementara itu, Anggota DPRD Rohil, Rasmali,SH menegaskan akan menyimpulkan aspirasi masyarakat tersebut yang selanjutnya akan di bahas dalam pengusulan ABPD Rohil mendatang. Dia mengatakan aspirasi tersebut disampaikan kepada Pemerintah daerah untuk direalisasikan, namun disebutnya hal itu tergantung dari sekala prioritas yang diajukan.

“Segala aspirasi kita rangkum untuk nantinya kita sampaikan kepada pemerintah daerah,”pungkasnya. (andi krc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar