Jumat, 02 Maret 2012

Pusat Budaya Melayu ditanah Melayu, Balai Adat Melayu di Rokan Hilir Bakal Diresmikan.


BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Balai Adat Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau Kabupaten Rokan Hilir bakal diresmikan sekaligus pengukuhan pengurus LAM Riau se-Rohil. Dalam kesempatan itu juga Gedung Balai Adat LAM diserahkan oleh Pemdakab Rohil kepada pengurus LAM Riau Rokan Hilir. Demikian ditegaskan oleh ketua LAM Riau Rokan Hilir H.Marzuki AR kepada KABARROHIL ketika ditemui, Kamis (1/3).

Dikatakannya segala persiapan saat ini sedang dilakukan menjelang acara peresmian balai LAM di batu enam depan taman budaya Rohil tersebut. Sesuai rencana, disebutnya Balai Adat Lam tersebut diresmikan langsung oleh MKA Riau H.Tennas Effendi. Acara tersebut juga diundang hadir seluruh ketua LAM Riau seluruh kabupaten di Provinsi Riau.

"Rencananya sekitar tanggal 26 Maret mendatang. Panitia khusus sudah dibentuk, termasuk pembagian seksi-seksinya. Sejauh ini kita sudah melaksanakan banyak kegiatan semoga dengan adanya gedung ini maka kegiatan tersebut bisa kian ditingkatkan," ujarnya.

Sedangkan Sekretaris LAM Riau Rokan Hilir, Rashyd Abisar mengatakan  jika kelak gedung sudah bisa digunakan sepenuhnya oleh LAM maka pihaknya berencana melakukan berbagai kegiatan budaya khususnya menyangkut budaya Melayu. Balai Adat ini dipusatkan untuk melestarikan kebudayaan melayu di Rokan Hilir.

“Kita ingin ini menjadi pusatnya nanti, misalnya tempat latihan berteater dengan ciri khas Melayu, diskusi adat, pokoknya kegiatan menyangkut adatlah. Sehingga nilai Melayu itu bisa dibangkitkan kembali di bumi Rokan Hilir," pungkasnya. (andi krc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar