Senin, 30 April 2012

Kecamatan Bangko juara satu LCC UUD’45 dan TAP MPR kegiatan Disdik Rokan Hilir


BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Lomba Cerdas Cermat (LCC) UUD’45 dan TAP MPR di gelar di halaman kantor Bupati Rokan Hilir Jalan Merdeka Bagansiapiapi, Senin (30/4). Acara tersebut dibuka oleh Wabup H.Suyatno dan dihadiri wakil ketua DPRD Rohil M.Ridwan,Sip, kepala dinas di lingkungan pemdakab Rohil dan sejumlah siswa SMA. Acara pembukaan LCC tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh wabup H.Suyatno.

Panitia pelaksana LCC, Baiduri,Spd mengatakan final LCC UUD 45 dan TAP MPR segera dilaksanakan di halaman kantor Bupati Rokan Hilir. Dalam kesempatan ini panitia mengatakan siswa perlu memahami UUD 45 dan Tap MPR agar mengetahui dan menerapkannya di kehidupan sehari hari. Lanjutnya mengatakan juga agar UUD’45 dan TAP MPR  merupakan inspirasi di kalangan pelajar. Disebutnya, lomba ini diikuti dari 14 kecamatan terdiri dari 140 siswa dengan pendampingnya masing-masing. Kegiatan ini, disebutnya di awali di MA Bagan Sinembah sebagai babak penyisihan dilanjutkan babak final di kantor bupati jalan merdeka Bagansiapiapi.

Sedangkan wabup Rohil, H. Suyatno dalam sambutannya mengatakan bersempena menyambut Hardiknas melaksanakan kegiatan salah satunya di pelopori oleh Disdik Rohil mengadakan kegiatan LCC. Dalam artinya, disebut wabup H.Suyatno Pemdakab Rohil sangat peduli dalam dunia pendidikan sesuai yang dikemukakan oleh “founding father” dipreamble UUD 45 pada alinea keempat.

"Bangsa ini maju adalah tanggung jawab kita bersama,  terutama pemerintah,"ujarnya.

Disebutnya khusus daerah Rohil telah menganggarkan untuk pendidikan lebih dari 20 persen di setiap tahun anggaran. Salah satunya lanjut orang nomor dua di pemerintah Rohil ini,  terus digesa pembangunan sarana dan prasarana pendidikan.

"Satu kebanggaan bagi Rohil karena telah ditempatkan IPDN berada di wilayah Rohil. Ini adalah salah satu upaya pemerintah daerah untuk memiliki generasi kader bangsa ber SDM tamatan ilmu pemerintah,"sebutnya.

Dalam kesempatan itu juga, wabup merasa salut terhadap orang tua yang berupaya agar anaknya bersekolah. Dia menceritakan bagaimana upaya seorang anak pemungut kantong plastik yang sempat anak tersebut hendak putus sekolah.  Namun karena kegigihan orang tuanya  terus mensuport anaknya agar terus menimba ilmu dii sekolah, akhirnya sang anak belajar dengan tekun. Alhasil, disebut wabup anak tersebut juara terus-menerus dan akhirnya mendapat beasiswa dari Chevron untuk melanjutkan sekolahnya.

lebih jauh dikatakan wabup, di ingatkan perlombaan ini bukan hanya sekedar seremonial belaka tetapi yang diharapkan dari siswa dapat memahami secara keseluruhan UUD 45 dan TAP MPR. Perkembangan situasi dan kondisi negara pasal di UUD terus bakal di adendum. Secara pribadi wabup H.Suyatno mengatakan memberikan hadiah kepada siswa yang juara yakni sebagai juara 1 dengan hadiah uang tunai sebesar 2 juta rupiah, juara 2 dengan hadiah sebesar 1,5 juta rupiah dan jura 3 sebesar  1 juta rupiah.

Akhirnya di finak LCC tersebut regu C dari kecamatan Bangko yang diwakili oleh SMAN 1 Bangko unggul sebagai juara satu  tersebut dengan nilai 1200 disusul kemudian regu A dari kecamatan Pujud dengan nilai 750 dan regu B dari kecamatan Tanah Putih dengan nilai 600. Sedangkan untuk melaju hingga  ke final (minggu malam 29/4,red) nilai tertinggi dicapai oleh kecamatan Tanah Putih disusul kecamatan Pujud dan kecamatan Bangko. Sehingga akhirnya ketiga regu tersebut memasuki babak final dihalaman kantor bupati Rohil jalan merdeka Bagansiapiapi. (andi krc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar