Rabu, 23 Mei 2012

Hama ulat bulu merambah ke Simpang Kanan, Penyemprotan dilakukan Disbun Rohil


BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Dinas perkebunan (Disbun) kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melakukan program kegiatan pembasmian hama di kebun kelapa sawit warga masyarakat. Kegiatan ini dilakukan agar kebun warga tidak terserang oleh hama ulat bulu (Dasychira mendosa,red). Karena jika dibiarkan dapat menurunkan produksi tandan buah sawit yang signifikan. Demikian ditegaskan oleh Plt kadis Perkebunan Rokan Hilir (Rohil) Syahril.S.Sos kepada KABARROHIL ketika dihubungi, Rabu (23/5).

"Wabah hama ulat bulu ini jika menempel dan memakan daun sawit hingga menyisakan batang lidinya saja,"ujarnya.

Dijelaskannya, Disbun Rohil melakukan penyemprotan hama ulat bulu seluas 1000 hektar kebun sawit warga di kepenghuluan Lubuk Jawi seluas 400 hektar dan kebun sawit warga di kepenghuluan Panca Mukti seluas 600 hektar di wailayah Kecamatan Simpang Kanan. Disebutnya, penyemprotan disinfektan dilokasi kebun warga tersebut dengan obat jenis insektisida. Penyemprotan dilakukan oleh tenaga ahli penyemprotan dari Disbun. Penyemprotan disinfektan pada tanaman kelapa sawit warga yang terkena wabah hama ulat bulu tersebut.

Dikatakan Plt kadisbun Rohil ini, serangan ulat bulu ini bisa menyebabkan pohon sawit warga hanya tinggal lidi saja dan menyebabkan putik buah gugur. Sehingga jika tidak mendapat penanganan dini tanaman kelapa sawit warga terancam mati.

Syahril.S.Sos menghimbau kepada warga masyarakat yang memiliki kebun sawit jika terjangkit wabah hama ulat bulu agar segera melaporkannya ke Dinas perkebunan Rohil. Hal ini, disebutnya agar Disbun segera turun kelapangan dan langsung melakukan penyemprotan. Ditambahkannya, pembasmian hama tersebut, lanjutnya mengatakan dalam program kegiatan penyemprotan disinfektan karena terserang wabah hama ulat daun pada kebun sawit. Sementara  Informasi yang dihimpun insektisida yang paling banyak digunakan pada perkebunan kelapa sawit untuk hama ulat bulu  saat ini seperti deltametrin, profenofos dan lamda sihalothrin.

"Mendapat laporan disbun akan segera terjun kelapangan dan melakukan penyemprotan disinfektan,”pungkasnya. (andi krc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar