Kamis, 05 Juli 2012

Dikeluarkan dari tempat pembuatan, Ribuan warga Tionghoa melakukan Arakan replica Tongkang


BAGANSIAPIAPI,KABARROHIl-Ribuan masyarakat Tionghoa melakukan arakan replica Tongkang. Mereka secara kompak bersatu memopong replica Tongkang tersebut. Replika Tongkang itu dikeluarkan dari tempat pembuatannya di jalan Aman Bagansiapiapi, Rabu (4/7).

“Sebelum di keluarkan dari tempat pembuatannya loya melakukan sembahyang terlebih dahulu di kelenteng tertua,”ujar salah satu warga Tionghoa A Seng kepada KABARROHIL ketika ditemui.

Dia mengatakan setelah itu maka semua loya berkumpul untuk melakukan arakan replica Tongkang ke kota. Disebutnya Replika Tongkang diarak secara bersama sama menuju Kelenteng Ing Hok King.

“Replika disemayamkan di altar kelenteng selama satu hari. Tengah malam nanti dilakukan sembahyang kemudian ke esokan replica Tongkang diarak menuju tempat pembakaran,”jelasnya.  

 
Informasi yang didapat dan dihimpun, dalam acara pembakaran replica Tongkang besaok (Kamis,5/7,red) dihadiri oleh Dirjen Pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan Laksamana Muda (L) DR.Syahrin Abdul Rahman bersama anggota Komini IV DPR RI dan Kapolda Riau Brigjend Suedi Husen serta Danrem.0301 Wirabima Brigjend Teguh Rahardjo.(andi krc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar