Jumat, 17 Agustus 2012

120 napi peroleh remisi HUT RI ke-67 dari 440 penghuni cabang rutan Bagansiapiapi, bupati Annas beri bantuan uang tunai sebesar 150 ribu per warga binaan.


BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Sedikitnya 120 narapidana (napi,red) terima pengurangan masa hukuman atau remisi dari kementerian Hukum dan HAM RI. Secara simbolis remisi tersebut diserahkan Bupati Kabupaten Rokan Hilir H.Annas Maamun dalam upacara yang di gelar di halaman kantor cabang rumah tahanan Negara (rutan,red) Bagansiapiapi jalan Dr Pratomo No 224 Bagansiapiapi, Jumat (17/8).  Para napi mendapat remisi umum sebanyak 109 orang dan mendapat remisi umum bebas murni sebanyak 11 orang. Pada kesempatan ini juga dalam rangka menyambut hari raya idul fitri, orang nomor satu di Rohil ini secara pribadi mengatakan bakal menyumbang bantuan uang sebesar 150 ribu per warga binaan penghuni cabang rutan Bagansiapiapi.

Dalam sambutannya dihadapan ratusan warga binaan Cabang Rutan Bagansiapiapi, Bupati H.Annas Maamun menegaskan khususnya kepada yang mendapat remisi bebas murni agar kembali ke masyarakat dengan berlaku menjadi lebih baik dan mengalami perubahan.

“Kita kembali kemasyarakat lagi dengan berlaku lebih baik. Bagi yang beragama Islam jangan tinggalkan sholat dan mengaji. Masih banyak yang patut di contoh mereka yang kembali kemasyarakat menjadi labih baik. Seperti Anton Medan yang seharusnya perlu di contoh. Soal penjara itu sudah takdir. Proklamator NKRI Soekarno juga pernah dipenjara. Meskinpun lain permasalahan dan kasusnya. Laksanakan ibadah dan berdoa kepada Sang Khalik yang senantiasa melindungi kita. Bagi yang beragama selain islam laksanakan ibadah sesuai dengan agama dan keyakinannya. Saya yakin bapak-bapak jika kembali lagi ke masyarakat  dapat menjadi baik,"tutur H.Annas.

Menjawab KABARROHIL, Kepala Cabang Rutan Bagansiapiapi M.Lukman,Amd,IP,SH,Msi menjelaskan per 17 Agustus 2012 penghuni cabang Rutan Bagansiapiapi sebanyak 440 orang. Dibeberkannya, tahanan pria sebanyak 169 orang dan tahanan wanita sebanyak 8 orang sehingga dengan total tahanan sebanyak 177 orang. Sedangkan narapidana (napi,red) pria sebanyak 258 orang dan narapidana wanita sebanyak 5 orang sehingga total narapidana sebanyak 263 orang.

“Jika melihat kondisinya sudah over 300 persen. Dari 440 orang penghuni cabang rutan bagansiapiapi 40 persen diantaranya adalah kasus narkoba,”pungkasnya. (andi krc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar