Sabtu, 25 Agustus 2012

Debet air meningkat, Kadiskes sebut Hindari DBD dengan Berlatih Pola Hidup Bersih dan Sehat


BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Debet air meningkat lantaran curah hujan berlebihan maka diharapkan kepada masyarakat berlatih pola hidup bersih dan sehat agar terhindari dari penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).  Salah satu faktor agar hidup sehat ditopang dengan lingkungan bersih. Sehat dan bersih bagai dua sisi mata uang logam,  analoginya sehat harus bersih dan mau bersih akan sehat. Demikian ditegaskan oleh kadiskes dr Junaidi Saleh ketika menemui KABARROHIL di kantor humas pemdakab Rohil jalan merdeka Bagansiapiapi,Sabtu,(25/8).

"Diharapkan masyarakat mulai sekarang berlatih pola hidup bersih dan sehat," tutur Kadiskes Rokan Hilir (Rohil) dr Junaidi Saleh.

Dipaparkannya, ada sebelas indikator perilaku yang digunakan dalam perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) diantaranya tidak merokok, persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, pemberian ASI eklusif, imunisasi, balita ditimbang, sarapan pagi, makan buah dan sayur, cuci tangan, gosok gigi, dan rajin olahraga.

Lanjutnya menjelaskan dari aspek lingkungan PHBS harus memenuhi tujuh indikator yakni tersedianya jamban, air bersih, bebas jentik, pemilahan sampah, sistem pembuangan air limbah (SPAL), ventilasi, lantai dan kepadatan rumah.

"Banyak manfaat jika menerapkan PHBS diantaranya dapat menjauhkan masyarakat dari penyakit seperti demam berdarah. Mengingat banyak air yang tergenang akibat debit air yang meningkat lantaran hujan,”pungkasnya. (andi krc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar