Senin, 12 November 2012

Petugas distannak pantau wilayah pertanian Rokan Hilir



BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Akibat curah hujan yang tinggi sejumlah wilayah pertanian digenangi air. Hal ini menyebabkan sejumlah lahan pertanian saat ini kebanjiran. Oleh sebab itu dinas pertanian dan perkebunan kabupaten Rokan Hilir menurunkan petugas ke lapangan untuk mengecek kondisi dan keadaan tersebut. Demikian hal ini ditegaskan oleh kadistannak Rohil Ir Muslim kepada KABARROHIL ketika ditemui di ruang kerjanya di kantor Distannak Rohil jalan Kecamatan batu enam Bagansiapiapi, Senin (12/11).

"Saat ini anggota diturunkan untuk mengecek kelapangan,"kata muslim.

Dijelaskannya,di daerah sinaboi mulai menanam atau persemaian, begitu juga di daerah Pekaitan. Namun demikian, disebutnya Dinas pertanian dan peternakan Rokan Hilir  sedang melakukan pemantauan dimana-mana saja daerah kebanjiran dalam masa bulan ini dan kedepan.

"Para petugas sudah dikerahkan di titik-titik pertanian di wilayah Rokan Hilir,"ujarnya.

Dikatakannya, tingginya curah hujan di Rokan Hilir (Rohil) dari beberapa bulan lalu hingga bulan ini  membuat kekwatiran ada lahan pertanian yang banjir di masa tanam. Oleh sebab itu, lanjutnya mengatakan dikerahkan petugas  kelapangan untuk mengecek kondisi dan keadaan yang sebenarnya.

Menurut informasi sementara ini, dikatakannya daerah sinaboi masa persemaian yang banjir untuk lahan pertanaman sekitar 20 hektar yakni setara dengan 600 kg lahan persemaian, kemudian di sungai bakar juga mengalami banjir untuk pertanaman seluas 10 hektar yakni setara dengan 300 kg lahan persemaian.

Daerah yang dipantau saat ini oleh Distannak yaitu di daerah Sinaboi, daerah Raja Bejamu dan daerah Sungai Bakau. Menurut laporan, disebutnya keadaan banjir sudah berkurang di daerah tersebut. Dijelaskannya di daerah Rimba Melintang dan Kubu masih aman karena kondisi belum menanam. Sedangkan untuk daerah lain belum diketahui karena tim saat ini sedang menuju kelapangan.

“Mudah-mudahan curah hujan dapat mereda pada bulan kedepan. Karena masa tanam tahun lalu cukup bagus,"tandasnya. (krc 01/krc 03)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar