Kamis, 08 November 2012

Sahrin Yunan : Rohil ada beberapa bangsa yang sama adat melayu namun tatacara yang berbeda



BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Wilayah kabupaten Rokan Hilir dahulunya tiga wilayah yaitu kubu-bangko-Tanah putih (kubangtapu,red). Wilayah ini didiami oleh kekerabadan suku melayu Rokan Hilir (Rohil).  Demikian hal  ini ditegaskan oleh salah satu tokoh masyarakat melayu Rohil H.Syahrin Yunan kepada KABARROHIL ketika ditemui di jalan kecamatan batu empat Bagansiapiapi,Kamis (8/11).

Dijelaskannya kekerabadan Melayu Rokan Hilir tersebut dikatakannya terbagi atas beberapa bangsa (rumpun,red) yang tersebar diseluruh wilayah Rokan Hilir. Diperkirakan olehnya sedikitnya 23 bangsa yang mendiami di wilayahRokan Hilir.

"Melayu di Rokan Hilir ada beberapa bangsa dimana menggunakan adat melayu namun tatacara yang berbeda,"jelasnya.

Dipaparkannya bahwa di kecamatan Pujud yang terbanyak didiami bangsa yakni diperkirakan ada 9(Sembilan) bangsa, kemudian disusul di kecamatan Bangko ada 6(enam) bangsa, selanjutnya di kecamatan tanah putih tg melawan ada 4 (empat) bangsa, dan kecamatan kubu ada 4 (empat) bangsa.

Diantara semua bangsa itu, disebutnya merupakan kekerabadan suku melayu Rokan Hilir. Perbedaan tata cara ini seperti diihat di labuhan tangga dengan sinaboi sama menggunakan adat melayu cuma tatacaranya yang berbeda,sebutnya.

“Walaupun tatacara yang berbeda namun sama merupakan adat melayu,”:tandasnya. (krc 01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar