Selasa, 04 Desember 2012

Acara dibuka Bupati H. Annas Maamun, Kemenkes RI dan Diskes Rohil gelar Sosialisasi eliminasi filariasis



BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Sosialisasi program eliminasi filariasis (penyakit kaki gajah,red) digelar di aula lantai II kantor Bappeda Rokan Hilir jalan Perniagaan Bagansiapiapi,Selasa(4/12/2012). Sosialisasi tersebut dilakukan oleh Direktorat Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang Ditjen PP dan PL Kemenkes RI bersama Dinas Kesehatan Rohil. Hadir sekaligus membuka acara itu bupati kabupaten Rokan Hilir H.Annas Maamun. Tampak mengikuti acara itu sejumlah kepala dinas, camat dan kepala Puskesmas.

orang nomor satu di Rohil ini menegaskan pemerntah rokan hilir sangat perhatian di sektor kesehatan, selanjutnya sektor pendidikan dan infrastruktur. Disebutnya SKPD terkait dalam mengusulkan anggaran berdasarkan prioritas dan bukan bagi rata. Lanjutnya mengatakan dimasa mendatang juga harus diperhatikan eliminasi terhadap  filariasis. Karena disebut politisi Golkar ini, warga rohil masih ada terdetiksi filariasis.

"Kita harus perhatikan betul-betul terhadap mereka yang terkena penyakit kaki gajah ini,"ujar Annas.

Sedangkan kadiskes Rohil dr H.M junaidi ,M,Kes pada hari yang sama kepada KABARROHIL menjelaskan di Rokan Hilir terditeksi 15 orang penderita filariasis di tiga kecamatan yakni di kecamatan Kubu, kecamatan Pasir limau kapas dan kecamatan Tanah putih sedinginan.

Ditambahkannya, mengeliminasi penyebaran penyakit ini bakal dilakukan pemberian obat massal pencegahan filariasis (POMPF) kepada warga masyarakat dari usia 2 tahun hingga usia 75 tahun. Namun pemberian obat vaksin tersebut dilarang bagi penderita penyakit ginjal, liver dan penyakit kronis lainnya.

"Kemungkinan aksi nyata baru dilaksanakan pada awal tahun 2013 mendatang. Mengingat perlu penataran kader serta persiapan dan kesiapannya. Obat selama lima tahun ditanggung oleh WHO, sedangkan biaya operasional selama dua tahun oleh pemerintah pusat dan tiga tahun pemdakab Rohil,"tandasnya. (krc 01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar