Rabu, 16 Desember 2009

PT SKB Rohil Investasi Rp 8 milyar

Investasi Rp 8 Milyar PT SKB Rohil : Limbah Pelepah Sawit Terbuang Menjadi Papan Partikel

BAGANSIAPIAPI,KR-Niat Komisaris PT Sumber Karya Bangko (PT SKB) Rohil menginvestasikan sebesar Rp 8 Milyar untuk mendirikan pabrik papan partikel (particle board) dari bahan-bahan limbah pelepah kelapa sawit yang dibuang mendapat tanggapan positif dari Bupati Rohil H.Annas Maamun. Demikian dikatakan Jaka Abdillah humas PT SKB Rohil kepada KABARROHIL,Selasa (14/12) kemaren disaat mengikuti sosialisasi gelar kesadaran pengawasan dan good governance 2009 di gedung serbaguna jalan utama Bagansiapiapi.

Dikatakannya bahwa orang nomor satu di Rohil sangat mendukung pendirian pabrik tersebut oleh perusahaan PT SKB Rohil. Oleh sebab itu perusahaan mempersiapkan segala persyaratan untuk mendirikan pabrik menurut aturan yang berlaku sehingga eksistensi pabrik itu secepatnya terealisasi.

"Karena potensi bahan baku yang ada di Rohil bahkan melimpah, menyelamatkan lingkungan dari limbah pelepah sawit yang terbuang tidak digunakan menjadi berdayaguna, membuka kesempatan lapangan pekerjaan dan semangat ekonomi kerakyatan dapat meningkatkan PAD Rohil,"terangnya Jaka Abdillah.

Lanjutnya mengatakan PT SKB Rohil telah mengundang beberapa kepala dinas, camat dan penghulu untuk survey langsung melihat proses pengolahan batang dan pelepah kelapa sawit dalam sekala laboratorium di laboratorium penelitian kayu Dephut RI di Bogor sejak tanggal 7-11/12 lalu.

Terangnya menjelaskan bahwa yang ikut dalam kunjungan singkat tersebut antara lain Kadisperindag Rohil Drs H.Wan Achmad Syaiful,Msi, Kadisbun Rohil H.M.Rusli Syarief,S.sos, KaBapedal Rohil Drs.H.Sukma Alfalah,Msi, Ka Badan Penanaman Modal Drs H.Syafruddin Masri,Msi, camat Bangko Pusako H.Samzami dan Penghulu Desa Pematang Ibul Sudirman.

"Selain mengunjungi laboratorium juga melihat langsung proses papan partikel yang dirakit menjadi furniture di pabrik milik anak perusahaan furniture Olympic,"tutur Jaka Abdillah.

Dikatakan Humas PT SKB Rohil ini bahwa PT SKB Rohil menanamkan investasinya sebesar Rp 8 Milyar untuk mendirikan pabrik papan partikel itu yang berlokasi di desa pematang ibul kecamatan Bangko Pusako.

"Selain kekuatan papan partikel terjamin pabrik papan partikel ini tidak memiliki limbah karena sisa pengolahan batang dan pelepah kelapa sawit dapat digunakan lagi untuk menjadi papan partikel. Juga tidak menggunakan bahan kimia formalin sehingga benar-benar ramah lingkungan. Hasil uji laboratorium Puslit Pengembangan pemukiman Dep PU RI Bandung dengan standarisasi ASTM telah mengeluarkan rekomendasi atas ketahanan dan kekuatan papan partikel yang akan dihasilkan oleh pabrik papan partikel PT SKB Rohil,"tuturnya Jaka.

Diharapkan oleh Humas PT SKB Rohil ini dengan hasil kunjungan kelapangan lalu Pemdakab Rohil dapat memberikan kemudahan dalam perizinan mendirikan pabrik tersebut.

"Diharapkan Pemdakab Rohil mendukung pendirian pabrik papan partikel dengan mempermudah perizinan dan pengurusannya,"tuturnya.

Informasi yang dihimpun, bahan baku untuk menjadi papan partikel mudah didapat di Kabupaten Rohil karena lahan perkebunan sawit yang luas milik masyarakat dan perusahaan yang mencapai 80.399 hektar yang tersebar di 13 kecamatan di kabupaten Rohil. (Gun).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar