Minggu, 12 Desember 2010

Desa Karya mukti Gelar Wayang Semalam Suntuk.


BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Sekira lima ratusan masyarakat ikut hadir dalam acara menyambut tahun baru 1 Muharram digelar di Desa Karya Mukti Kecamatan Rimba Melintang yang dilaksanakan pada hari Jumat malam (10/12) lalu. Acara dilokasi Pasar tersebut menggelar wayang semalam suntuk dihadiri Bupati Kabupaten Rokan Hilir H.Annas Maamun dalam hal ini diwakili oleh Wabup H.Suyatno. Demikian dikatakan oleh Penghulu Karya Mukti Sudarman ketika ditemui KABARROHIL di kediamannya, Sabtu (11/12) akhir pekan lalu.

Ia mengatakan hadir juga dalam acara syukuran masyarakat Karya Mukti tersebut beberapa kepala Dinas dilingkungan Pemkab Rohil. Bahkan H.Errie camat kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Kapolsek Tanah Putih Tanjung Melawan dan Kapolsek Rimba melintang juga menghadiri acara pagelaran wayang semalam suntuk tersebut.

“Camat Rimba melintang Hamid.SH dan Seluruh penghulu di kecamatan Rimba Melintang, perangkat desa, kepala dusun, ketua RW, ketua RT, perangkat LPM, dan perangkat BPK kita undang dan ikut menghadiri acara tersebut. Bahkan alim ulama, tokoh masyarakat dan pemuda serta masyarakat ikut hadir dalam acara itu,”tutur Sudarman.

Dikatakannya masyarakat seputaran desa Karya Mukti ini didomisili kebanyakan suku jawa makanya pagelaran wayang semalam suntuk dilaksanakan. Karena seperti adat kebiasaannya suku jawa setiap malam satu “suro” (muharram,red) melakukan ritual pembersihan barang-barang pusaka dengan ritual malam suro. Namun di desa karya mukti melakukan acara syukuran menyambut satu muharram dengan pagelaran wayang semalam suntuk, meskinpun waktunya hari jumat malam lalu.

Ia juga menerangkan bahwa pagelaran wayang oleh paseduluran wayang se-Rohil di desa Karya Mukti ini berkat bantuan dari Bupati kabupaten Rokan Hilir beberapa waktu lalu terhadap persatuan wayang ini. Dalam kesempatan ini, Ia juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi masyarakat dan aparat kepolisian yang siap menjaga pagelaran wayang tersebut sehingga berjalan aman dan tertib.

Dalam kesempatan itu, dikatakannya wabup memberikan sambutan kepada masyarakat agar tetap menjaga kekompakan dan persatuan serta kesatuan dalam membangun daerah Kabupaten Rokan Hilir. Disebut sudarman bahwa wabup mengatakan dalam wilayah kita tidak ada istilah membeda-bedakan asal muasal suku bangsa.

“Isu-isu yang tidak baik untuk membedakan dan memecah-belahkan diantara kita harus kita singkirkan jauh-jauh karena di Kabupaten Rokan Hilir tidak memandang perbedaan suku maupun agama dalam membangun daerah Rokan Hilir,”kata Sudarman mengulangi ucapan wabup Suyatno dalam sambutannya tersebut.

Diterang Sudarman, Camat Rimba Melintang Hamid.SH sangat menyambut apresiasi pagelaran ini. Bahkan dikatakannya agar masyarakat desa lainnya juga dapat melaksanakan acara serupa untuk kebersamaan menjaga persatuan dan kesatuan di daerahnya. Diungkapkannya bahwa di Kepenghuluan Karya Mukti yang sering mengadakan acara syukuran dan bersih desa untuk menikmati dan mensyukuri pemberian Allah Subhanahu wataala.

Menjawab KABARROHIL ketika dihubungi, Wabup H.Suyatno membenarkan kehadirannya dalam pagelaran wayang kulit semalam suntuk di desa Karya Mukti Kecamatan Rimba Melintang itu. Ia mengatakan pagelaran yang dilakukan oleh masyarakat desa Karya Mukti sebagai rasa syukurnya kepada Allah sang pencipta alam semesta dan segala isinya patut diikuti oleh masyarakat lainnya.

“Segala kemajuan pembangunan patut kita syukuri. Apalagi moment dalam menyambut tahun baru satu Muharram. Yang penting kita harus selalu kompak menjaga persatuan dan kesatuan sehingga selalu kondusif aman untuk melanjutkan pembangunan mendatang,”tandasnya. (gun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar