Jumat, 25 Februari 2011

Tujuh penghulu dilantik sekaligus oleh Bupati

BAGAN BAKTI,KABARROHIL-Tujuh datuk penghulu hasil pemilihan masyarakat dilantik oleh bupati H.Annas Maamun. Pelantikan berdasar keputusan bupati nomor 73/pemdes/2011 tanggal 22 pebruari 2011. Tujuh penghulu yang dilantik oleh orang nomor satu di Rohil itu antara lain: Ahmad Eston Manalu sebagai penghulu Bagan Bakti, H.Thamrin sebagai penghulu Suka maju, Junnaidi sebagai penghulu Kencana, I.B.Sodikin sebagai penghulu Pelita, prawoto sebagai penghulu Bakti Makmur, Hotman Sitanggang sebagai penghulu Pasir putih dan Sarimin sebagai penghulu Gelora. Acara tersebut digelar dilapangan sepakbola kepenghuluan Bagan bakti kecamatan Bagan Sinembah, Kamis (24/2).

Dalam sambutannya orang nomor satu di Rohil sangat kagum atas penataan dan kerapian desa bagan bakti. Ia mengharapkan agar semua desa yang ada di Rohil dapat mencontoh penataan desa di desa bagan bakti. Selain itu Dia juga menjelaskan desa bagan bakti juga dapat dicontoh dalam kehidupan berdemokrasi pada pemilihan penghulu. Dimana dalam pemilihan didesa tersebut banyak didiami oleh suku Jawa namun yang menang di pemilihan penghulu sebagai penghulu dari suku batak. Ia menjelaskan bahwa hal inilah yang dinamakan dengan demokrasi oleh rakyat.

“Walaupun di desa ini banyak didiami oleh suku Jawa namun masyarakat sini memilih dan mempercayai suku batak sebagai penghulunya walaupun didaerahnya minim suku batak. Hal inilah namanya demokrasi walaupun sukunya lain namun karena disukai masyarakat, mempunyai program yang bagus dan dekat dengan masyarakat maka tentunya orang tersebut dipilih untuk menjadi pemimpin,”tuturnya.

Kemudian setelah dilantik maka penghulu harus lebih bekerja keras dan bijaksana dalam mengambil suatu keputusan. Diharapkan mengambil suatu keputusan dengan fikiran jernih sehingga mendahulukan kepentingan masyarakat banyak. Ia juga kagun kerapian dan tertibnya acara pelantikan.

“Beberapa pelantikan penghulu yang saya lantik , di desa inilah yang lebih bagus. Saya lihat di desa ini kompak. Untuk itu marilah kita ciptakan rasa kompak tersebut dengan baik dan menjaga kesatuan dan persatuan untuk membangun daerah. Kemudian itu kita lestarikan potensi kesenian didaerah ini dan kita tingkatkan prestasi olahraga kita,”tandasnya. (gun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar