Senin, 26 September 2011

Konsul Malaysia bakal kunjungi daerah Rokan Hilir


PEKANBARU,KABARROHIL-Kerjasama antara Indonesia dengan negara Malaysia terutama di daerah Kabupaten Rokan Hilir perlu dibentuk. Hal ini terutama masalah kabut asap yang melanda beberapa waktu lalu. Hal ini ditegaskan oleh Konsul Malaysia untuk Provinsi Riau,  Zamani kepada KABARROHIL ketika ditemui disela peninjauan kampus UIN Suska Panam Pekanbaru bersama bupati Kabupaten Rokan Hilir, H.Annas Maamun dan rektor UIN Suska, Senin(26/9).

“Kerja sama itu dalam bentuk memberikan bantuan pemantauan cuaca dan membuat kanal agar tidak merebaknya asap,”ujar Zamani.

Diterangkannya pada tahun 1997 kabut asap daerah Rohil merupakan produksi asap terbanyak, namun sekarang sudah berkurang. Hal ini berkat saling kerjasama antara Indonesia dengan Malaysia. Kemudian itu dikatakan Zamani dalam bentuk bantuan ferry penyeberangan juga akan difikirkan sehingga terjalin kerja sama berkelanjutan.

Disisi lain, bidang perekonomian juga difikirkan berupa bentuk investasi pengalengan ikan. Hal ini dikatakannya dirinya akan berkunjung kedaerah Rokan Hilir untuk mensurvey terlebih dahulu. “Tadi bupati Rokan Hilir,H.Annas Maamun menganjurkan kita berkunjung kedaerah Rokan Hilir. Dimana daerah Rokan Hilir berbatasan dengan negara Malaysia. Investasi dalam bentuk pengalengan ikan juga sangat bagus,nanti kita fikirkan setelah boleh ditengok,”pungkasnya. (andi wrc) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar