Senin, 26 September 2011

Sijago Merah Beranguskan Rumah Warga

     Sedikitnya Enam Rumah Warga di jalan Perwira Bagansiapiapi di lalap sijago merah, Senin dini hari (26/9).                              

BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL- Sijagomerah kembali beraksi di kota negeri seribu kubah  bagansiapiapi, Senin (26/9) dini hari sekitar pukul 02.00 wib.  Api mengamuk   tepatnya di Jalan Periwira Bagansiapi-api, Kecamatan Bangko. Akibatnya, 6 rumah penduduk yang mayoritas ditempati warga Tionghoa  musnah dilalap api. Musibah kebakaran ini tidak ditemukan adanya korban jiwa.
       
Musibah kebakaran  pada dini hari itu  telah mengejutkan penghuni rumah termasuk masyarakat yang ada di sekitarnya. Alhasil para penghuni rumah yang sedang lelap tidur akhirnya terbangun berusaha untuk menyelamatkan  barang-barang sebisanya


''Waktu kejadian, kan saya sedang tertidur. Tiba-tiba saya terdengar ada suara gaduh dan bunyi tiang listrik dipukul tanda bahaya kebakaran,'' kenang Anton Guitawa (45) salah seorang korban musibah kebakaran yang adalah mantan anggota legislatif kabupaten Rokan Hilir.
       

Dijelaskannya saat  muncul dibenaknya ketika mendengar suara bergaduh di depan rumahnya adalah  orang  sedang bertengkar.

''Saya pikir ada orang  bertengkar. Begitu keluar dari rumah,  saya melihat ada api berkobar. selanjutnya, saya bersama keluarga menyelamatkan barang-barang yang bias dibawa. Tapi semuanya sudah terlambat. Yang bisa diselamatkan hanya motor. Semua yang ada didalam rumah termasuk surat-surat berharga ludes,'' kata Anton Guitama.
       

Lanjutnya mengatakan upaya pemadaman dilakukan oleh masyarakat yang ada di sekitar lokasi kejadian. Kemudian tak lama berselang, kendaraan pemadam kebakaran berada dilokasi kejadian untuk melakukan aksi pemadamanya.       Dijelaskannya agar api tidak merambat ke tempat lain, sejumlah rumah terpaksa harus dirubuhkan. Sekira jam 05.00 wib aksi api berhasil dijinakkan, hanya memakan waktu hampir selama tiga jam.   

Camat Bangko, H Muhammad Nurhidayat SH ditemui KABARROHIL, Senin (26/9) di Bagansiapi-api tidak menafikan hal tersebut.

''Saya sudah meninjau lokasi yang terkena musibah kebakaran itu. sejumlah enam rumah yang kena musnah api. Semua penghuni rumah yang terbakar merupakan warga Tionghoa. Langkah selanjutnya kita laksanakan  melakukan pendataan. Saat ini masih sedang dilaksanakan.  Kita dari pihak kecamatan sudah mengambil kebijakan dengan mempermudah warga yang terkena musibah untuk mengurus surat-surat berharga khususnya yang menjadi kewenangan pihak kecamatan,”pungkas Nur Hidayat . (andi wrc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar