Sabtu, 03 Desember 2011

KPA dan PGRI Rohil gelar gerak jalan santai

BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Wabup H.Suyatno mengharapkan agar kita bersama-sama menjaga keluarga dan lingkungan masyarakat terhadap penyakit AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome,red) yang adalah sekumpulan gejala penyakit yang tidak dapat diobati. Penyakit ini disebabkan oleh HIV (Human Immunodeviciency Virus,red) yang akan merusak sistem daya pertahanan tubuh sehingga akan mudah terkena berbagai macam penyakit.  HIV memasuki sistim peredaran darah manusia melalui hubungan seksual, melalui suntik, melalui jarum tato, jarum tindik yang tercemar oleh HIV. Oleh sebab itu penanggulangan agar  penyakit tersebut tidak terjadi pada lingkungan masyarakat daerah kita diharapkan kita menjaga terlebih dahulu dari personal hingga ke lingkungan masyarakat. Hal ini ditegaskan oleh wabup kepada KABARROHIL disela-sela pelepasan gerak jalan santai ketika ditemui di halaman kantor Bupati Rokan Hilir jalan Merdeka Bagansiapiapi, Sabtu (3/12). Sekira ribuan masyarakat berbaur dengan taruni lasitarda Nusantara XXXII yontarlat Nusantara IV, Guru, siswa dan PNS mengikuti gerak jalan santai ini. Tampak ketua DPRD Rohil Nasrudin Hasan, Hj Latifah Hanum Annas, Hj Wan Mardiana Suyatno, kepala dinas badan dan kantor dilingkungan pemdakab Rohil mengikuti gerak jalan tersebut.

“Peringatan hari AIDs se-dunia ini KPA Rohil menggelar gerak jalan santai bersempena HUT ke-66 PGRI dan Hari Guru Nasional yang diikuti oleh Guru, siswa, PNS  dan masyarakat dengan memberikan pamflet kepada peserta sebagai bentuk mensosialisasikan jangan coba-coba melakukan seks bebas karena AIDS/HIV akan mengancam jiwa,”tuturnya.

Selanjutnya, diharapkan kepada peserta gerak jalan dapat mematuhi rambu-rambu yang diberikan sehingga gerak jalan ini dapat berjalan lancar, aman, tertib dan sukses.

Sementara itu di hari yang sama, kepada KABARROHIL sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS/HIV Kabupaten Rokan Hilir, dr Tribuana Tunggal Dewi juga menegaskan agar  masyarakat mewaspadai penyakit Aids/Hiv.

‘Kita harus mewaspadai terhadap penyebaran penyakit Aids/Hiv. Oleh sebab itu menggelar gerak jalan santai sebagai salah satu bentuk  upaya dalam mensosialisasikan pengertian kepada masyarakat, siswa,dan PNS yang selanjutnya dalam minggu kedepan KPA Rohil melakukan kegiatan terjun ke lokalisasi untuk memberikan pembinaan. Terutama dijalan lintas timur daerah perbatasan kecamatan bagansinembah,”pungkasnya. (andi krc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar