Selasa, 06 Maret 2012

PKBM : Pusat pendidikan di luar sekolah bermanfaat untuk kesetaraan dan keaksaraan


BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) merupakan pusat pendidikan diluar sekolah yang sangat berguna dan bermanfaat untuk meningkatkan SDM di masyarakat. PKBM ini merupakan sebuah pintu lain bagi masyarakat untuk maju. Demikian diungkapkan oleh Ketua DPRD Rokan Hilir, Nasrudin Hasan ketika ditemui KABARROHIL di kantor Pendidikan Rokan Hilir jalan SGB Bagansiapiapi, Selasa (6/3) seusai menghadiri sarasehan  Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (FK-PKBM) Rokan Hilir.

“PKBM sangat berguna untuk meningkatkan SDM masyarakat. Tidak ada istilah kata terlambat,”ujar Nasrudin Hasan.

Dia mengatakan dengan adanya Forum Komunikasi PKBM,  tidak ada lagi masyarakat yang tidak mau belajar. Oleh sebab itu, disebut Politisi Golkar Rokan Hilir ini dirinya mengucapkan terima kasih kepada pihak PKBM di daerah Kabupaten Rokan Hilir. Dia mengatakan FK-PKBM patut diberikan aspirasi untuk memajukan pendidikan dan meningkatkan SDM masyarakat Rokan Hilir.

Dikatakannnya pemerintah mengakui keberadaan dan ijasah PKBM. Ditambahkannya, semua orang boleh untuk maju dan sekali lagi diutarakannya,  tidak ada kata terlambat.

Sedangkan Kadisdik Rokan Hilir, Drs Surya Arfan,Msi mengatakan di Kabupaten Rokan Hilir terdapat 20 PKBM,  kecuali di Kecamatan Rantau Kopar yangg perlu di manfaatkan. Dijelaskannya, ada 2 (dua) hal yang bermanfaat dari PKBM ini yakni, pertama  kesetaraan yaitu ijasah pusat kegiatan belajar masyarakat program paket “A” dan paket “B” yang selanjutnya paket “C”. dan kedua disebutnya, keaksaraan yakni mendidik masyarakat yang ada di wilayah Rokan Hilir agar tidak adalagi buta aksara.

“Diharapkan sekolah di lembaga PKBM. Tidak ada alasan masyarakat untuk tidak sekolah dan mengatakan istilah terlambat atau alasan keabsahan ijasah,”pungkasnya. (andi krc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar