Sabtu, 30 Juni 2012

Torehan seniman patung lampung di daerah Rokan Hilir


BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Suroto pria yang berumur lebih dari setengah abad ini asyik dengan terampil memainkan tangannya membuat patung pemain sepak bola di lapangan koni jalan koni Bagansiapiapi, Sabtu (30/6). Banyak karya yang telah ditorehkan Pria keturunan jawa Blitar berasal dari lampung ini. Hampir rata-rata buah karya dirinya merupakan patung dan monumen di daerah Rokan Hilir. Diantaranya patung ikan di jalan kecamatan, patung elang begitu juga patung petani di simpang poros bahkan patung perjuangan di Bangko dan Pujud juga hasil torehan tangannya.

“Satu patung ini seharga kurang lebih sepuluh juta rupiah,”tuturnya kepada KABARROHIL ketika ditemui, Sabtu (30/6).

Dia menjelaskan hasil karya akan menjadi lebih bagus jika peluang waktu sekira dua puluh hari diberikan untuk membuat  satu patung manusia. Hal ini disebutnya agar memiliki ketenangan dalam menciptakan sebuah karya yang bagus. Namun jika waktu yang mendesak karya tersebut seakan dikejar waktu sehingga menghasilkan seni yang kurang bagus.

“Sebuah patung  menghasilkan sebuah karya yang bagus jika diberikan waktu luang dan ketenangan untuk membuatnya sehingga tidak dikejar oleh waktu,”katanya.

Dia mengatakan banyak kontraktor sudah mengenal dirinya. Oleh sebab itu jikalau ada proyek pembuatan patung dan monument maka dirinya dipercaya untuk membuatnya. Dia menyebut banyak karya dirinya di daerah Rokan Hilir ini.

“Patung ikan di jalan kecamatan dan patung elang di pesisir sungai Rokan saya yang membuatnya,”pungkasnya. (andi krc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar