Rabu, 18 Juli 2012

Bupati Annas sebut penyuluh harus mengerti permasalahan di wilayah pertaniannya dan diharapkan bekerja keras dengan hati yang tulus


BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Kerja keras dan niat hati yang tulus sangat diperlukan untuk meningkatkan usaha dibidang pertanian. Dengan usaha tersebut tentunya terjadi peningkatan yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Demikian dikatakan bupati H.Annas Maamun ketika membuka kegiatan peningkatan kapasitas, penyuluh pertanian perkebunan di lantai IV Hotel Lion jalan Mawar Bagansiapiapi,Rabu (18/7). Hadir saat itu kadis pertanian dan peternakan Rohil Ir Muslim, Bakorluh Riau, Hizral MS, Ika Purwati, Balai pengkajian teknik pertanian Riau, kepala UPTD BPP, kepala UPTD cabang dinas se Rohil, penyuluh PNS,honorer dan swadaya.

"Penyuluh pertanian harus mengetahui permasalahan di wilayahnya sehingga program pertanian berjalan dengan baik,"ujar orang nomor satu di Rohil ini.

Annas mengharapkan agar para penyuluh melakukan sistim kunjung dan sistem latihan kerja dilapangan. Hal ini seorang penyuluh harus memahami permasalahan pertanian di wilayah penyuluhannya baik kondisi wilayah, musim maupun alam.

"Saya dapat laporan ada kilang padi di kecamatan Kubu merugi terus. Harusnya persoalan ini dapat dipecahkan bersama dinas pertanian sehingga permasalahan dapat diatasi,"katanya.

Disebutnya seorang penyuluh harus memberi contoh tauladan yang bagus diwilayahnya dengan menerapkan program yang bermanfaat bagi perkembangan petani.

Sebelumnya, kadistanak Rohil Ir Muslim ketika ditemui sebelum acara pembukaan dimulai menjelaskan bahwa pertemuan ini di gelar sebagai forum pertemuan teknis penyuluhan ke arah peningkatan produksi pertanian. Disebutnya, para penyuluh dalam hal ini dapat saling bertukar informasi dan pengalaman untuk dikembangkan dan diterapkan di wiliyahnya masing-masing.

Dirinya menjelaskan bahwa keberhasilan pengembangan usaha pertanian daerah merupakan menjadi indikator peningkatan produksi beras nasional. Dikatakannya produksi beras kabupaten Rokan Hilir di tahun 2012 terjadi peningkatan naik sebesar 5 persen. 

"Sharing informasi dan penelitian dapat menjembatani petani dalam usaha peningkatan hasil pertanian. Dalam pertemuan ini akan disampaikan bagaimana pola penyuluhan yang baik, pengembangan teknologi yang sudah diterapkan dengan hasil yang didapat dan dijelaskan manfaatnya,"pungkasnya. (andi krc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar