Rabu, 18 Juli 2012

Wabup Supiori Drs Yan Imbab beserta rombongan menyusuri bangliau pulau halang


PULAU HALANG,KABARROHIL-Selama 15 menit Rombongan Pemdakab Supiori dan pemdakab Rohil dengan menggunaan dua kapal boat peikanan Rokan Hilir tiba di Pulau Halang. Mereka langsung disambut masyarakat Pulau Halang yang rata-rata warga Tiongoa. Satu persatu wabup Supiori Drs Yan Imbab dan rombongan menyusuri bangliau tempat pengol;ahan dan penjemuran ikan serta terasi.

Memiliki potensi yang sama dengan daerah Rokan Hilir khususnya Bagansiapiapi yang sudah terkenal membuat pemerintah Supiori melakukan Kunjungan Kerja sekaligus melihat dan mempelajari cara membuat ikan asin dan terasi kualitas ekport secara langsung. Karena ilmu dipelajari disini untuk diterapkan juga di daerah kabupaten Supiori provinsi Papua. Demikian ditegaskan wakil bupati Supiori Drs Yan Imbab disela kunjungannya ke bangliau (tempat proses dan penyemuran ikan, red) di pulau halang, Rabu (18/7).

"Kabupaten Supiori memiliki potensi disektor perikanan dan kelautan yang perlu dikembangkan. Oleh sebab itu potensi yang sama dengan Rokan Hilir itu perlu dikembangkan di daerah Supiori dengan melihat langsung kesini. Kabupaten Supiori memiliki sejumlah ikan-ikan yang bernilai ekonomis tinggi jika potensi tersebut dikelola dengan bagus maka dapat meningkatkan pendapatan masyarakat setempat. Di daerah Supiori tidak ada seperti ini (bangliau,red) yang menjadi tempat kegiatan proses pembuatan dan pengolahan ikan asin maupun terasi,"ujarnya.

Disebutnya, Dia bersama rombongan telah meninjau langsung dengan membawa beberapa para nelayan daerahnya kesini. Hal ini untuk dipelajari ilmu pembuatan dan pengolahan ikan asin dan terasi. Dikatakannya pemerintah Supiori juga ingin melakukan kerjasama dengan pemerintah Rokan Hilir didalam pengiriman tanaga ahli didalam pembuatan dan pengolahan ikan asin dan terasi agar bisa diterapkan langsung di Supiori.

"Kalau perlu kita bikin kontrak dan perjanjian untuk mengirimkan tenaga dari Rohil didalam melakukan bimbingan dan pelatihan kepada masyarakat Supiori. Tidak perlu takut ke Supiori karena Supiori aman-aman saja,"pungkasya.

Dalam kunjungan ke Pulau Halang tersebut ikut serta mendampingi rombongan Supiori yakni diantaranya kabappeda Rohil M.Job Kurniawan, Kadisdik Drs H.Surya Arfan,Msi, kadiskanlut Ir H.Amrizal, kakansatpol PP Suryadi,SE, serta sejumlah kadis dilingkungan pemdakab Rokan Hilir. (andi krc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar