Rabu, 15 Agustus 2012

Tradisi lampu colok Nuansa Miniatur Mesjid iringi malam 27 Ramadhan


BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Masyarakat Kabupaten Rokan Hilir khusus di ibu kotanya kota Bagansiapiapi berduyun-duyun memasang lampu pelita yang terbuat dari botol kecil dengan sumbu. Mereka menyambut malam 27 Ramadhan menerangi halaman rumahnya dengan lampu yang disebut lampu colok.

Warga masyarakat bahu membahu membuat lampu colok dengan membentuk gapura miniature mesjid. Mereka mengumpulkan dana saling “tek-tek-an” untuk mewujudkan sebuah tradisi mereka itu. Mereka membuat lampu colok dan membeli minyak tanah sebagai bahan bakar lampu colok itu.

Kawasan paling semarak dan meriah tampak di kelurahan bagan timur. Jalan Satria tangko, jalan Selamat, Jalan madrasah dan jalan Sekip terlihat meriah dengan lampu colok disepanjang pinggir jalan.

Jalan Madrasah, kawasan jalan domisili wabup H.Suyatno tampak meriah. Lampu colok menyala disepanjang pinggir jalan tepatnya diatas trotoar jalan. Di pertengahan antara jalan Mesjid dan jalan Skip tampak gapura megah dengan nuansa bangunan mesjid. Di tengah gapura terlihat nuansa Al-Quran.

Lain halnya lagi di jalan Skip, tampak disepanjang pinggir jalan tersebut lampu colok bernuansa segitiga hingga di pertengahan jalan antara simpang jalan pahlawan dan jalan Madrasah berdiri megah gapura nuansa mesjid. Namun gapura ini sangat menarik karena bertepatan dengan HUT Kemerdekaan 17 Agustus maka gapura ini juga dicat dan di samping gapura terpampang potret bupati H.Annas Maamun dan potret wabup H.Suyatno. Gapura ini sebagai dwi fungsi untuk menyambut HUT kemerdekaan RI ke 67 sekaligus gapura lampu colok menghadapi malam 27 Ramadhan menyambut malam lailatul qodar.

“Seribu lampu colok untuk menghiasi mala mini. Dana didapat hasil tek-tek-an warga bahkan wabup H.Suyatno ikut juga meberikan dana membentuk gapura ini,”pungkas Jon salah satu warga jalan Sekip menjelaskannya. (andi krc)

1 komentar:

  1. Semoga ditahun mendatang, peserta lebih banyak lagi dalam menyemarakkan Hari Raya Idhul Fitri walau ada atau tidaknya bantuan. heee...

    BalasHapus