Kamis, 27 September 2012

Wabup H.Suyatno : “Satyaku ku dharmakan, Dharmaku ku baktikan”



BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Upacara pembukaan perkemahan pramuka penegak dan pandega kwartir cabang 0410 Rokan Hilir di gelar di halaman Balai Wartawan jalan kecamatan batu enam ‘News City” Bagansiapiapi, Kamis (27/9). Tampak hadir Majelis Pembimbing Wabup H.Suyatno sekaligus sebagai Pembina upacara dan membuka perkemahan tersebut. Hal ini ditandai dengan menanam pohon jati di seputaran bumi perkemahan itu.

Panitia pelaksana Maoijon Asri mengatakan bahwa peserta perkemahan para penegak dan pandega pramuka terdiri dari utusan dewan kerja ranting secretariat cabang 0410 Rokan Hilir (Rohil) yang terdiri dari 10 orang penegak putra dan 10 orang penegak putrid dengan didampingi 2 (dua) orang Pembina pendamping.

Disebutnya peserta perkemahan berjumlah 314 orang yang terdiri dari peserta sebanyak 240 orang, bundas sebanyak 24 orang, dewan kerja sebanyak 20 orang dan panitia sebanyak 30 orang. Dijelaskannya, kwartir ranting  yang tidak mengutuskan pesertanya di perkemahan panegak dan pandega pramuka ini diantaranya kwartir kecamatan bangko, kwartir kecamatan pasir Limau kapas dan kwartir kecamatan Bagan Sinembah.

Wabup H. Suyatno dalam arahannya selaku ketua majelis pembimbing terlebih dahulu mengucapkan terima kasih setelah melihat kebersamaan para pramuka saat ini. Hal ini, disebutnya dalam arti membangkitkan kepramukaan.

“Belum ada kata terlambat daripada tidak sama sekali dan apalagi hanya angan angan,”ujarnya.

Gerakan pramuka, disebutnya memberikan kesempatan penegak dan pandega menjadi pemimpin dengan mengadakan suatu acara yang berorientasi kepada penegak dan pandega. Selama kegiatan ini dilaksanakan merupakan suatu pengalaman. Lanjutnya mengatakan agar jangan selalu ada di benak rasa kecewa karena rasa pesimis.

Selanjutnya wabup mengatakan sangat memberikan apresiasi kepada adik pramuka yang telah melakukan perkemahan di batu enam ini. Disebutnya meskinpun lokasi tergenang oleh air akibat curah hujan yang tinggi tadi malam, namun semangat adik adik tidak luntur mengikuti acara ini.

Kemudian itu, wabup mengharap mudah-mudahan di negeri seribu kubah tidak terjadi tawuran pelajar apalagi anggota pramuka. Dikatakan wabup, hal ini berkat bimbingan guru dengan meningkatkan pembinaan yang positif.

Disebut orang nomor dua di pemerintahan Rokan Hilir ini, agar guru, siswa dan orang tua jika mendapat informasi hal-hal yang negative yang dapat merusak generasi bangsa maka diharapkan segera menginformasikannya.

“Sebagai generasi penerus anak bangsa untuk negeri dan negara janganlah kehidupan  di sia-siakan. Mulai sekarang ditanamkan kepribadian yang baik pada diri sendiri hingga ke lingkungan sekitarnya. Hari ini (Kamis 27/9,red) kegiatan perkemahan penegak dan pandega Alhamdullillah disambut positif. Hal ini untuk menciptakan kader yang baik,”ujarnya.

Disebut kegiatan selama empat hari ini sangat positif karena dapat membentuk kepribadian yang baik.

"Insya Allah besok BNK dan KPA daerah akan mengadakan penyuluhan kepada pramuka ini,”ujarnya.

Kemudian itu, dijelaskan oleh orang nomor dua di pemerintahan kabupaten Rokan Hilir ini, bahwa perkemahan wira karya nanti se-provinsi Riau kabupaten Rokan Hilir sebagai tuan rumah. Oleh sebab itu diharapkan dapat mempersiapkan sesuatunya dari sekarang. Diharapkannya juga tunjukkan rasa kebersamaan dan kecintaan kepada pramuka dalam acara kegiatan perkemahan ini. Dijelaskannya sedikitnya sebanyak 1600 orang hadir dalam acara mendatang ke daerah Rokan Hilir. Sebagai tuan rumah kegiatan wira karya pramuka se-Provinsi Riau diharapkan dapat memberikan yang terbaik untuk negeri ini. Sehingga mereka yang datang dapat menimbulkan imej yang baik.

Dikatakannya persiapan tempat direncanakan di wilayah  batu enam yakni di seputaran ruko. Jika disetujui bupati H.Annas Maamun maka akan di cek kelapangan untuk membenahi. Dijelaskannya kurang lebih seluas satu hektar disiapkan. Ditambahkannya, tentunya rumah pemda dapat ditempati juga.

“Pada intinya dibenahi mulai sekarang untuk fokus ke perkemahan wirakarya ini. Jayalah pramuka Rohil.  Satyaku ku dharmakan, Dharmaku ku baktikan,”pungkas wabup H.Suyatno. (andi krc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar