Sabtu, 27 Oktober 2012

Tujuh ekor sapi di jagal di jalan Satria Tangko, Tiga ekor sapi di sembelih di halaman Mesjid Al-Huda dan empat ekor sapi di halaman mushalla Al-Amin



BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Mesjid Al-Huda jalan Satria Tangko Kepenghuluan Bagan Jawa Bagansiapiapi menyembelih sebanyak 3 (tiga) ekor sapi. Sedangkan Mushalla Al-Amin jalan Satria Tangko kepenghuluan Bagan Jawa Bagansiapiapi menyembelih sebanyak 4 (empat) ekor sapi kurban pada hari Idul Adha 1433 H, Sabtu (27/10). Pelaksanaan penyembelihan sapi sebagai kurban di Mushalla Al-Amin dilaksanakan di depan mushalla tersebut.

“Dari penyembelihan, pengelupasan daging dari kulit hingga penimbangan dan pembagian kepada masyarakat dilaksanakan di depan mushalla ini,”ujar ketua pelaksana Idul Adha Mushalla Al-Amin Suwadji kepada KABARROHIL ketika ditemui Sabtu (27/10).

Dia menjelaskan pada tahun sebelumnya (tahun lalu 2011,red) di mushalla Al-Amin tidak melaksanakan penyembelihan hewan kurban. Hal ini disebabkan pada tahun lalu, dikatakannya tidak membentuk panitia pelaksana.

“Pada tahun 2012 ini saja pembentukan panitia kecil atas inisiatif sendiri,”ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa sejak usai Idul adha tahun lalu (2011,red) mereka bersepakat membentuk panitia kecil pelaksana pemotongan hewan kurban tahun 2012. Setelah dibentuk panitia maka mereka mensosialisasikan kepada masyarakat sekaligus mendata siapa saja yang berkeinginan melaksanakan kurban hewan di tahun ini (2012,red). Maka panitia tersebut setiap bulan mendatangi rumah masyarakat yang ikut kurban hewan itu. Hal ini , disebutnya agar tidak memberatkan mereka yang berkurban.

“Setiap bulan kita menarik iuran sebesar 150 ribu rupiah hingga mencapai per orang yang berkurban sebesar sejuta tuga ratus ribu rupiah,”katanya.

Suwadji mengatakan sapi untuk kurban ini sebelumnya mereka modali terlebih dahulu sehingga harga sapi tersebut per ekor dibelinya dengan harga Rp 8,5 juta. Sedangkan harga saat ini sudah naik dengan harga berkisar tiga kategori yakni sebesar Rp 9 juta, Rp 9,2 juta dan Rp 9,5 juta. Namun karena telah diberikan mereka uang panjarnya maka harga sapi tersebut dapat dibelinya per ekor seharga Rp 8,5 juta. Lanjutnya mengatakan pada tahun ini di Mushalla Al-Amin menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban sebanyak empat ekor sapi. Sedangkan yang melakukan kurban ini 60 persen masyarakat jalan Satria tangko dan 40 persen masyarakat luar jalan satria Tangko.

Namun melihat keadaannya sekarang, dia menjelaskan untuk tahun mendatang mungkin harga sapi sudah meningkat. Oleh sebab itu kedepan, disebutnya setiap orang yang berkurban bias mencapai sebesar Rp 1,5 juta per orang. Dimana, dikatakannya setiap ekor sapi sebanyak tujuh orang yang berkurban.

“Tahun ini Mushalla Al-Amin melakukan penyembelihan hewan kurban sebanyak 4 (empat) ekor Sapi. Pembagian daging kurban diberikan langsung dengan empunya kupon pada siang ini. Mudah-mudahan tahun depan lebih meningkat lagi yang ikut berkurban di mushalla Al-Amin,”pungkasnya. (krc 01)      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar