Selasa, 13 November 2012

Ny Wan Amir Firdaus buka acara sosialisasi yang ditaja GOW



BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Jalinan kerjasama antara Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Rokan Hilir (Rohil) dengan P3W UNRI menaja sosialisasi pendidikan keluarga berwawasan gender (PKBG). Acara tersebut  dipusatkan di gedung serbaguna jalan Utama Bagansiapiapi,Selasa (13/11). Acara tersebut dibuka langsung oleh ketua GOW Rohil, Hj Wirdaningsih Wan Amir Firdaus dengan dihadiri ratusan peserta memenuhi gedung aula tersebut. tampak diantara yang hadir wakil ketua TP PKK Rohil Hj wan Mardiana Suyatno dan sejumlah ibuI.-lbu pejabat. Sebagai nara sumber pada acara ini pusat peneliti peranan wanita (P3W) universitas riau dra Risdayati,Msi, Hj Lena Farida,MSi.

Hj Wirdaningsih mengharapkan kepada peserta agar mengikuti secara serius yang berguna untuk menambah wawasan dalam arti memahami arti gender yang sebenarnya termasuk perbedaannya. Tujuan acara ini, disebut Hj Wirdaningsih untuk memberikan pendidikan kepada keluarga untuk mengoptimalkan pengetahuannya.

"Setelah ini kita fikirkan terbentuk satu organisasi yang berwawasan gender. Namun yang paling utama terlebih dahulu kaum perempuan mengerti apa itu gender. Kita bukan mendominasikan kaum perempuan dalam rumah tangga. Tetapi penyetaraan pendidikan formal maupun non formal dengan tidak mengenyampingkan kodrat sebagai perempuan selaku ibu dan kaum perempuan,"ujarnya.

Dijelaskan wirdaningsih isteri juga mampu mencari nafkah tambahan bagi keluarga, isteri sebagai anggota masyarakat, isteri sebagai penerus keturunan dan isteri sebagai pendamping suami dalam bahtera rumah tangga.

"gender bukan kodrat tetapi buatan manusia bisa dipertukarkan maupun berubah yang tidak berlaku sepanjang masa karena bergantung budaya masing-masing daerah. Sedangkan sex (jenis kelamin,red) adalah kodrat tuhan yang tidak bisa dipertukarkan, yang tidak bisa berubah, yang tidak bergantung masa dan berlaku universal,"lugasnya. (krc 01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar