Selasa, 13 November 2012

Hewan ternak kurban di tahun 2012 meningkat



BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Menurut data yang diperoleh oleh Distannak Rokan Hilir, ternak kurban di tahun 2012 ini mengalami peningkatan daripada tahun 2011. Demikian dikatakan kadistannak Rohil Ir Muslim kepada KABARROHIL ketika ditemui di ruang kerjanya jalan kecamatan komplek perkantoran batu enam Bagansiapiapi,Selasa (13/11)

"Dari data yang masuk saat ini kurban  ternak sapi mencapai 1559 ekor, ternak kerbau 31 ekor dan ternak kambing 283 ekor. Tetapi data ini masih belum final karena masih mencocokkannya dengan data kemenag Rohil,"katanya.

Disebutnya ternak kurban  kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dari tahun 2008 mengalami peningkatan dan penurunan. Hal ini dituturkannya seperti ternak kurban sapi ditahun 2001 sebanyak 954 ekor mengalami penurunan ditahun 2009 sebanyak 759 ekor. Kemudian sedikit meningkat ditahun 2010 sebesar 796 ekor. Lanjutnya mengatakan melonjak naik drastis ditahun 2011 sebanyak 1413 ekor yang mana tahun 2012 sebanyak 1559 ekor. Ditambahkannya begitu juga halnya dengan ternak kurban kambing juga mengalami peningkatan dan penurunan.

"Menurut data yang ada ternak kurban sapi dan kambing mengalami penurunan ditahun 2009,"jelasnya. 

Penurunan maupun peningkatan ternak kurban pada setiap tahun menurutnya bukan karena meningkatnya ataupun menurunnya perekonomian masyarakat. Karena, disebutnya ada juga yang hidupnya mampu berkurban namun tidak berkurban.

"Mereka berkurban ternak bukan hanya karena faktor ekonomi tetapi atas kesadaran mereka untuk menjalankan syariat agama. Karena ada juga yang mampu tidak berkurban dan bahkan ada juga yang tidak mampu mau berkurban,"tandasnya.

Disisi lain, kadistannak Rohil ini mengemukakan bahwa populasi hewan ternak di Rokan Hilir sangat bagus. Namun demikian diharapkannya agar para petani ternak lebih bagus lagi didalam mengembangkan populasi hewan ternak tersebut. Disebutnya para petani ternak hewan di Rokan Hilir sudah banyak yang belajar tentang pakan ternak dan bahan organik.

"Kita harapkan petani ternak khususnya hewan ternak sapi dan kambing lebih bagus lagi didalam mengembangkan populasi hewan ternak,"tandasnya. (krc 01)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar