Rabu, 07 November 2012

Warga masyarakat mengharapkan Pemdakab Rohil lakukan pembersihan kanal



LABUHAN TANGGA KECIL,-Kabarrohi- Meski kapasitas air menyusut dibandingkan pada pekan lalu, namun masih mengenangi perumahan warga di kepenghuluan Labuhan Tangga Kecil (LTK), kecamatan Bangko. Hasil pantauan di Kepenghuluan tersebut merupakan yang terparah terkena banjir. Akibatnya,  praktis warga mulai meninggalkan rumah yang mereka tempati dengan mengungsi ke tempat keluarga yang lebih aman. Rizal misalnya, warga jalan Simpang Congal RT 04 kepenghuluan LTK ini menuturkan kawasan lingkungannya sudah satu bulan terkena dampak banjir.

"Sejak banjir itu pula anak saya sudah diungsikan ke tetangga, saya bertahan hanya untuk menjaga rumah saja jaga barang-barang," terangnya, Senin (5/11) kemaren kepada KABARROHIL.

Keluhan tak berbeda juga disampaikan Norman (35), dia mengaku sudah memboyong keluarganya untuk menginap di tempat lain yang terhindar dari banjir.

"Terpaksa, karena rumah sering dimasuki ular, tempat tidur sudah basah karena tilamnya di lantai," katanya.

Disebut Norman, Rizki, sang anak mulai mengeluhkan gatal-gatal dalam beberapa hari ini. 

"Kita harap ada penanganan yang tepat lah, bagaimana menanggulangi dampak banjir di sini. Kemaren pihak kecamatan sudah datang meninjau kesini," terangnya.

Praktis dalam sebulan terakhir Norman tidak lagi menempati rumah kediaman biasanya, ia hanya sesekali datang melihat keadaan rumah yang ditinggalkan tersebut.

Upaya pembebasan kanal parit telah dilakukan oleh warga namun air tidak terbebas sama sekali, akibatnya genangan terus bertahan di pemukiman warga.

"Hujan terus tiap hari di LTK, air pun tersumbat karena walau pembersihan sudah dilakukan tapi tidak dapat secara manual nampaknya harus mengunakan alat berat apalagi paritnya cukup lebar," pungkasnya. –(krc 05/mg)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar