Jumat, 10 Desember 2010

Diskanlut Rohil mengawasi Perairan terhadap ilegal fishing

BAGANSIAPI-API ,KABARROHIL- Zone Perairan Kabupaten Rohil termasuk daerah rawan masuknya nelayan-nelayan asing dari pelbagai negara. Mengingat perairan Zone Ekonomi Eklusif (ZEE) Kabupaten Rohil berada di jalur strategis lantaran berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia dan Singapore yang hanya dibatasi oleh Selat Malaka. Oleh sabab itu pihak Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Rohil mengintensifkan pengawasan di perairan Rohil tersebut.

''Kemungkinan-kemungkinan seperti itu bisa saja terjadi. Karena, daerah perairan kita ini sangat strategis sekali. Apalagi berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga yang salah satu diantaranya adalah Malaysia,'' kata Kepala Diskanlut H.Muhammad Rusli Syarief.S.sos ketika dihubungi KABARROHIL,Jumat (10/12) di Bagansiapiapi.

Berkaitan dengan itu, Rusli menambahkan bahwa pengawasan dan pemantauan di perairan Kabupaten Rohil telah semakin diintensifkan. Malahan pengawasannya itu sendiri dilakukan dengan mengoptimalkan semua potensi yang ada, termasuk melibatkan unsur para nelayan.

''Kita kan tau, nelayan sering berada di tengah laut. Untuk itu, para nelayan ini perlu kita turut sertakan. Minimal, nelayan bisa memberikan informasi secepatnya bila ditemukan adanya nelayan-nelayan asing yang masuk dan beroperasi di perairan kita,'' kata Rusli.


Dikatakan Kepala Diskanlut ini, nelayan juga bisa memberikan informasi terhadap adanya kegiatan ilegal fishing yang beroperasi di perairan Rohil. ''Kita harus akui, bahwa pengawasan yang kita lakukan itu kan ada keterbatasan. Makanya, kita perlu dukungan dan peran serta dari para nelayan. Makanya, kalau nelayan ada mengetahui nelayan asing maupun ilegal fishing, maka secepatnya informasikan kepada kita. Dengan melibatkan semua potensi yang ada itu, diharapkan pengawasan perairan bisa semakin ketat lagi,'' kata Rusli.

Dijelaskannya, perairan Rohil yang menjadi pusat kegiatan para nelayan yakni berada di Gugusan Kepulauan Aruah, Kecamatan Pasirlimau Kapas. Gugusan Kepulauan Aruah tersebut merupakan gabungan dari beberapa pulau. Diantara Pulau Jemur, Pulau Labuhbilik, Pulau Sarangolang, Pulau Tukong, Pulau Tukongsimbang, Pulau Batumandi dan lainnya. Pulau terdekat dengan negara Malaysia khususnya ke Port Klang yakni Pulau Batumandi. (andi wrc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar