Jumat, 10 Desember 2010

10 Jam pelamar CPNS Rohil menunggu pengumuman, sekira 18 persen atau 1380 tidak lulus seleksi administrasi


BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Sekira 7753 pelamar CPNS menunggu pengumuman lulus administrasi di gedung serbaguna jalan utama Bagansiapiapi, Jumat (10/12). Bahkan ada yang menunggu sejak jam 07.00 wib pagi. Pelamar menunggu hasil pengumuman lulus administrasi itu ada juga dari luar daerah Rohil. Melihat banyaknya mobil yang parkir di sepanjang jalan Utama dan SGB Bagansiapiapi.

"Saya sejak pagi tadi tiba di Bagansiapiapi,"tutur Novi yang mengaku pelamar dari Dumai kepada KABARROHIL ketika ditemui.

Ia mengatakan dirinya ingin melihat secara langsung pengumuman tersebut di Bagansiapiapi. Mengingat perjalanan Dumai bagansiapiapi hanya memerlukan waktu 2,5 jam. Dijelaskannya Ia datang bersama rekan-rekannya untuk mendaftar di kabupaten Rokan Hilir. Ia mengatakan kepada KABARROHIL behwa dirinya lulus SLTA pada tahun lalu.

Sedangkan kepala BKD Rohil H.Syamsudin.SH jam 17.15 wib baru memasuki ruang serbaguna jalan Utama bagansiapiapi. Ia mengatakan pengumuman dapat dilaksanakan pada sorehari ini namun diharapkan pelamar sabar menunggu karena masih dalam penempelan di papan pengumuman.

"Diharapkan semua agar tenang dan tertib,"katanya kepala BKD.

Dijelaskannya kepada pelamar CPNS yang mengikuti seleksi administrasi bahwa untuk mengambil nomor ujian sebagai persyaratan hanya dengan menunjukkan KTP. Kemudian itu kepada pelamar CPNS tingkat SMA dan teknis di umumkan di lapangan koni jalan Koni Bagansiapiapi, untuk pelamar sarjana di gedung serbaguna jalan Utama bagansiapiapi,pelamar guru di dinas pendidikan jalan SGB Bagansiapiapi dan untuk tenaga kesehatan di gedung paguyuban jalan pelabuhan baru bagansiapiapi.

Menjawab KABARROHIL ketika ditemui,kepala BKD Rohil H.Syamsudin.SH menjelaskan yang lulus administrasi pelamar CPNS Rohil untuk tenaga guru sebanyak 1610 pelamar, tenaga kesehatan sebanyak 1511 pelamar, tenaga teknis sebanyak 3252 pelamar sehingga total yang lulus secara administrasi sejumlah 6373 pelamar dari total pelamar CPNS Rohil sebanyak 7753 pelamar.

“Yang dinyatakan lulus secara administrasi sebanyak 6373 pelamar sehingga yang tidak lulus secara administrasi sebanyak 1380 pelamar,”tutur Kepala BKD Rohil ini.

Ia menjelaskan tidak lulusnya administrasi tersebut akibat pelbagai macam yang tidak memenuhi kriteria kelulusan diantaranya kelengkapan yang tidak memenuhi karena disebabkan KTP tidak dilegalisir, Ijasah tidak dilegalisir, bahkan ada juga menggunakan KTP diluar Riau. Ditambahkannya juga ada yang coba-coba dengan mengajukan formasi jurusan yang berlainan dengan yang diminta seperti sarjana yang diminta jurusan ekonomi tahu tahu dimasuki oleh pelamar jurusan niaga. Ada juga kartu kuning yang dilampirkan hanya berupa fhotocopi. Bahkan ada juga pasphoto yang diminta dasar merah diberikan fhasfhoto dengan dasar biru.

Ia menegaskan bahwa pelamar yang tidak lulus secara administrasi tetapi dianggap dirinya memenuhi persyaratan bisa mengajukan komplain dengan panitia. Ia menegaskan panitia bersedia menjelaskannya dengan bukti yang ada pada panitia. Ditambahkannya batas komlain tersebut hingga pengambilan nomor ujian.

"Siapa yang komplain kami siap menunjukkan buktinya. Dimana yang memeriksa berkas itu ada ditanda-tangani dan nama pemeriksa yang bertanggung jawab terhadap kesalahan tersebut,"ujarnya.

Dijelaskannya pengumuman pelamar yang lulus secara administrasi tersebut dapat dilihat di gedung serbaguna, kantor camat, gedung paguyuban, kantor bupati Rohil, kantor Disdik Rohil, dan juga ada terdapat di kedai fhotokopi jalan SGB. Ia menambahkan bahwa ujian CPNS akan dilaksanakan pada tanggal 21 Desember nanti. (andi wrc)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar