Rabu, 25 Mei 2011

Puskesmas Rawat Inap Bakal ada di Sinaboi


SINABOI,KABARROHIL-Kendala yang dialami selama dalam penanganan dan pelayanan masyarakat di posko kesehatan pasca kebakaran Sinaboi hanya pada kekurangan tenaga petugas. Hal tersebut diungkap oleh Dr Sarman ketika ditemui KABARROHIL di lokasi posko kesehatan di kelenteng Vihara Tri Dharma Samudra Dharma, Selasa (24/5) kemaren.

Menjawab KABARROHIL tentang persediaan obat-obatan, Dia mengatakan tidak ada kendala karena semua obat yang dibutuhkan di supply oleh Dinas Kesehatan kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Sedangkan penyakit yang sering diderita oleh masyarakat Sinaboi pasca musibah kebakaran hanya luka-luka ringan dan inspeksi saluran pernapasan (ISPA). Dijelaskannya dalam menangani pasien pasca kebakaran petugas melakukan pelayanan kesehatan dan obat-obatan secara gratis.

“Hari pertama kita melayani masyarakat sekira 200 pasien namun keadaan sekarang sudah menurun hingga hari ini mencapai sekitar 40 orang saja,”tuturnya.

Dia mengatakan sejak hari pertama musibah kebakaran dokter jaga dikerahkan satu orang per-ship jaga dengan dibantu dua perawat dan dua bidan hingga 24 jam. Namun sekarang pelayanan kesehatan terhadap masyarakat hingga 2 ship saja. Hal tersebut karena tenaga dokter di kecamatan sinaboi hanya 2 orang dengan tenaga bidan 2 orang dan perawat sebanyak 8 orang.

Sementara itu H.Annas Maamun mengatakan bahwa di Sinaboi pada sector kesehatan akan dibangun Puskesmas rawat inap. Puskesmas ini dapat menampung pasien yang memerlukan rawat tinggal. Dia menjelaskan puskesmas rawat inap dipenuhi dengan ruangan biasa dan ruangan VIP serta ruang laboratorium dan medis.

“Kita akan pusatkan pembangunan puskesmas rawat inap di Sinaboi dengan ruang sal, ruang medis dan laboratorium serta 7 ruang rawat diantaranya lima ruang biasa dan 2 ruang VIP,”terang Annas. (andi wrc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar