Selasa, 20 Desember 2011

Lomba Debat dan Pidato Bahasa Ingris ditutup Kadisdik Rohil


BAGANSIAPIAPI, KABARROHIL-Lomba Debat Bahasa Ingris tingkat SMP dan SMA  se-Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) ditutup oleh kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Rokan Hilir, Drs Surya Arfan,Msi. Acara tersebut sebelumnya sudah berlangsung selama tiga hari. Penutupan acara itu di gelar di gedung serbaguna SMP Negeri ! Bangko  jalan Sumatera  Bagansiapiapi, Senin (19/12). Hadir  juga dalam acara penutupan tersebut Syofyan dari dinas pendidikan Rohil. Sedangkan dewan juri adalah Evadiana waka Humas SMA Negeri 1 Bangko Bagansiapiapi, M.Manalu dari SMA Negeri 2 Bangko Bagansiapiapi dan M.Girsang dari SMA Bintang laut Bagansiapiapi. Dalam debat ini peserta berjumlah sebanyak 46 orang yang mewakili daerah kecamatan maupun sekolahnya masing-masing.

Menjawab KABARROHIL, salah satu dewan Juri Evadiana mengatakan bahwa penilaian pemenang debat bahasa ingris antar SMA  adalah objektif. Hal ini tergantung dari opini, penjabaran,  wawasan, dan tanpa teks dari peserta debat. Sehingga dalam penilaian kecamatan Bangko mendapat nilai tertinggi.  Sedangkann juara dua dari kecamatan Bagan Sinembah menurut penilaian dewan juri masih kurang tanggap terhadap permasalahan debat.

Disebutnya, dalam menyampaikan debat kedalam bahasa ingris ini  ide harus tepat, apa yang kita sampaikan harus nyambung dalam pembicaraan. Lanjutnya mengatakan  didalam debat ini tidak boleh mempertahankan ego sehingga tidak dapat mengerti apa permasalahannya.

Dijelaskannya bahwa space pidato bahasa ingris tingkat SMP se-Rohil ini sebagai  juara satu adalah  SMP Negeri  1 Tanah Putih Tg Melawan, sedangkan juara 2(dua) diperoleh SMP Wahidin Bangko, dan juara  3(tiga) diraih oleh  SMP Negeri 1 Tanah Putih Sedinginan. Sementara itu untuk lomba debat bahasa ingris tingkat SMA juara satu diraih oleh  Kecamatan Bangko, disusul Kecamatan Bagan Sinembah sebagai juara dua dan juara ketiga dari kecamatan Rantau Kopar.

“Para peserta semuanya bagus namun masih perlu pembinaan tentang conversation, methode, science dan insight. Mereka yang menang akan dibina lagi untuk mengikuti FL S2N (Festifal Lomba Seni Siswa Nasional,red) pada bulan Juli 2012 mendatang,”terangnya.

Sementara itu, Kadisdik Rohil Drs Surya Arfan,Msi ketka ditemui KABARROHIL mengatakan bahwa penampilan para peserta siswa tersebut sangat bagus dan menggembirakan. Hal ini tentunya disebut Surya, diharapkan agar siswa yang telah meraih juara dapat lebih giat lagi belajar karena mereka akan mewakili daerah Rokan Hilir di tingkat Provinsi Riau. Bahkan jika menggondol juara akan mewakili provinsi Riau di tingkat nasional. Sedangkan yang belum berhasil meraih juara dalam iven ini diharapkan lebih giat lagi belajar untuk meningkatkan diri dalam debat bahasa ingris ini.

Dikatakan Surya bahwa dengan adanya kegiatan ini tentunya dapat mengarahkan para siswa kepada  hal-hal yang positif. Lanjutnya menegaskan kedepan akan melakukan seleksi dari tingkat bawah yakni se kepenghuluan/kelurahan, kemudian melaju ketingkat se kecamatan yang selanjutnya ke tingkat se kabupaten Rokan Hilir.

Disisi lain, menjawab KABARROHIL Drs Surya Arfan,Msi ini mengatakan sekolah SLBI yang menggunakan dua bahasa masih belum mengarah kesana. Hal ini disebutnya karena tenaga guru bahasa ingris yang masih terbatas di daerah Rokan Hilir.

“Kita sebelumnya sudah menghimbau agar menyiapkan anak didik dari awal sehingga ada persiapan yang matang untuk berkompetisi. Kepada siswa yang juara diharapkan juga agar belajar lebih giat karena mewakili daerah Rokan hilir ketingkat se Provinsi Riau,’tandasnya. (andi krc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar