Minggu, 22 Januari 2012

DisBudparpora Rohil bakal membuat Master Plan objek wisata Rohil


Pelbagai objek wisata dikembangkan oleh Disbudparpora Rohil dengan terlebih dahulu melakukan kajian untuk melakukan master plan wisata Rohil. Untuk masa saat ini telah dilakukan pengembangan objek wisata di sepanjang pesisir sungai Rokan.

BAGANSIAPIAPi,KABARROHIl-Direncanakan Dinas Budaya pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Rokan Hilir (Rohil) bakal mengadakan Festival gambus dalam kurun waktu dekat ini. Begitu juga dalam mengembangkan objek wisata lainnya didaerah Rokan Hilir. Namun hal tersebut harus mendapat persetujuan anggaran dari DPRD Rohil bagian anggaran (Banggar) terlebih dahulu. Demikian diungkap kepala dinas Budparpora Rohil, Tarmizi Madjied ketika ditemui KABARROHIL di pesisir sungai Rokan, beberapa waktu lalu.

Selain itu, Disbudparpora Rohil juga membuat master plan wisata yang terlebih dahulu diajukan untuk dilakukan kajian akademik. Sehingga ditambahkannya, brosur dan buku hasil kajian  akademik tersebut dipergunakan untuk menarik para investor-investor untuk melakukan pengembangan daerah wisata di daerah Rokan Hilir ini. Disebutnya, didalam buku hasil kajian akademik tersebut secara gamblang dan luas dipaparkan dasar akademik pengembangan daerah wisata yang ada. 

“Kita akan membuat master plan wisata terlebih dahulu baru kita ajukan dan kaji selanjutnya,”tutur Tarmizi Madjied.

Dikatakannya sepanjang pesisir sungai Rokan daerah batu enam juga dibuat sebagai  objek wisata di  pesisir sungai rokan. Dikatakannya sepanjang pesisir sungai Rokan tersebut sudah di buat pelbagai patung binatang yang dapat menarik para wisatawan yang datang.  Dikatakannya, wisatawan yang datang dapat mengabadikan kunjungannya tersebut. Namun diharapkan oleh Kadisbudpora Rohil ini agar sama-sama menjaga kebersihan, kelestarian dan keutuhan patung-patung tersebut.

Kemudian itu dijelaskannya juga objek wisata lainnya di batu enam sepanjang pesisir sungai Rokan yakni pemandian water boom. Disebutnya objek wisata ini dalam masa pembangunan yang  sepenuhnya bisa dipakai pada akhir tahun 2012 ini. Dikatakannya bahwa alokasi dana Lebih kurang 5 (lima)  milyar untuk pembangunan  water boom tersebut. Kemudian itu, setelah dibangun diharapkan dalam pengelolaannya dilaksanakan  oleh pihak ketiga.

Disebutnya lagi bahwa pada tahun kedepan akan ditambah lagi objek pariwisata diwilayah  pulau Pedamaran. Ditambahkannya di Pulau pedamaran tersebut bakal dibangun bangunan budaya seperti keong mas dan bola dunia.

“Hal ini tinggal mendapat persetujuan bupati Rohil dan anggota DPRD Rohil,”sebutnya.

Sementara itu seni budaya lagu juga dikembangkan,  seperti musik daerah  berirama gambus. Dikatakannya Tarmizi Madjied, dirinya siap juga untuk mendukung dan menerima seni suara dengan musik melayu merupakan tradisi daerah agar dikembangkan.

“Diharapkan agar kita masyarakat dapat saling menjaga dan memelihara dengan rasa saling memiliki seperti diungkapkan dalam sapta pesona,”pungkasnya. (andi krc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar