Selasa, 20 Maret 2012

Tingkatkan Siskamling , Masyarakat Labuhan tangga kecil swadaya Bangun Pos Ronda

LABUHAN TANGGA KECIL,KABARROHIL-Masyarakat Labuhan Tangga Kecil berbondong gotong royong (goro) membangun Pos Ronda Sistem keamanan lingkungan (Pos Siskamling). Masyarakat  secara swadaya melakukan pembangunan Pos Ronda untuk keamanan lingkungan mereka. Hal ini terlihat di seputaran warga  RT 02 kepenghuluan labuhan tangga Kecil. Mereka bersama-sama ikut dalam pembangunan pos tersebut. Biaya pembangunan didapat dari hasil pungutan warga. Walaupun biaya pembangunan satu pos ronda bagi warga tergolong sangat besar, namun atas partisipasi masyarakat pembangunan tersebut berjalan dengan baik. Hal ini ditegaskan oleh ketua RT 02 Kepenghuluan Labuhan tangga Kecil, Elly Pardi kepada KABARROHIL ketika dijumpai, Selasa (20/3).

“Diperkirakan satu pos ronda menghabiskan biaya berkisar 8 juta rupiah. Biaya pembangunan  atas partisipasi masyarakat untuk mengaktifkan pos ronda dalam menggalakkan  system keamanan lingkungan. Ada yang menyumbang tenaga, dan material secara berangsur-angsur. Walaupun saat ini masih belum mencukupi namun  pembangunan pos ronda ini tetap dilakukan,”ujarnya. 

Pada hari yang sama, Ketua RT 01 kepenghuluan Labuhan tangga kecil, Sukirman juga mengungkapkan hal yang sama. Dia mengatakan bahwa pembangunan sebuah pos untuk menggalakkan keamanan lingkungan mereka. Oleh sebab itu dirinya melibatkan warga masyarakat untuk membangun sebuah pos ronda ini. Hal ini disebutnya, sebagai rasa tanggung jawab bersama terhadap keamanan lingkungan mereka.

“Dengan adanya pos ronda ini maka masyarakat mengaktifkan lagi sistim keamanan lingkungan,’ujarnya.

Sementara itu, penghulu Labuhan tangga kecil Eduardy kepada KABARROHIL ketika ditemui menegaskan bahwa sesuai intruksi Kapolres Rohil melalui camat Bangko maka system keamanan lingkungan digalakkan lagi. Oleh sebab itu, disebutnya pembangunan pos ronda di kepenghuluannya dilakukan untuk sarana dan prasarana siskamling tersebut. Didampingi kaur pembangunan Mulya Kusnadi, penghulu labuhan tangga kecil ini menjelaskan bahwa kepenghuluan labuhan tangga kecil membangun enam pos ronda untuk siskamling.

“Kita sudah intruksikan kepada setiap RT untuk membangun pos ronda. Saat ini sedang berlangsung pembangunan sebanyak empat pos sdangkan lainnya menyusul,”pungkasnya. (andi krc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar