Selasa, 17 April 2012

Hari kedua UN di Rohil Berjalan lancar dan aman, Hasil pantauan Disebut Rektor UR masih ada “Humani Eror”


BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Tim pengawas pelaksana UN SMA dari Perguruan Tinggi terjun langsung ke lapangan dihari kedua berlangsungnya UN. Rektor Universitas Riau (UR) Prof.Ashaluddin Jalil.MS selaku penanggung jawab pemantau UN 12 provinsi Riau memantau pelaksanaan UN SMA di empat sekolah  pada hari kedua berlangsung UN di Rohil, Selasa (17/4). Dalam peninjauan empat lokasi sekolah Rektor UR tersebut di damping wabup H.Suyatno, Kadisdik Rohil Drs Surya Arfan,Msi, Kabd kurikulum Khairul Azam, dan pihak disdik lainnya Sulbani. Empat sekolah yang ditinjau yakni SMA Negeri 1 Bangko jalan Utama Bagansiapiapi, MAN jalan Pelabuhan baru Bagansiapiapi, SMA swasta Wahidin jalan pahlawan bagansiapiapi dan SMKN jalan Kecamatan bagansiapiapi.

Menjawab KABARROHIL, Rektor UR Prof. Ashaluddin Jalil,MS menerangkan bahwa dirinya secara langsung memantau pelaksanaan di daerah khususnya ke daerah Rokan Hilir. Hal ini disebutnya agar dapat melihat langsung kondisi di lapangan sehingga dapat sebagai evaluasi di tahun kedepan. 

Disebutnya, setelah dipantau maka  kejanggalan-kejanggalan sedikit masih juga ada namun hal tersebut, lanjutnya mengatakan hanya mekanisme UN saja. Disebutnya dari hasil pantauan kedaerah Rokan Hilir ada celah keterlambatan tibanya soal ujian. Menurutnya hal ini hanya pada  segi teknik saja. Dari Perguruan Tinggi sebagai patutan hambatan hanya karena jarak tempuh. Kemudian tentang “Humani Eror” yakni factor manusianya hal ini karena adanya amplop soal bahasa Indonesia sedangkan isinya bahasa ingris. Hal ini disebutnya “humani eror” saat soal dicetak di percetakan.  Dimana soal biologi berisi soal fisika, begitu juga soal matematika berisi soal fisika.

Oleh sebab itu, kebijakan dilakukan dengan memfoto kopi soal tersebut. Namun disebutnya masih juga meragukan akibat kertas fotocopy tersebut dapat atau tidak diteksi oleh computer jawaban. Namun secara keseluruhan UN SMA di Rohil berjalan lancer, aman dan tertib.

Kemudian itu, disebut rector UR ini agar jangan menjadikan UN sesuatu momok yang menakutkan. Suasana menghadapi UN harud dihadapi dengan rileks tanpa ketegangan sehingga siswa mengerjakan soal dapat diselesaikan dengan baik sehingga menghasilkan nilai yang bagus.   

 “ Kedepan akan kita perbincangkan ke Jakarta,”sebutnya.

Ditemui KABARROHIL, wabup H.Suyatno mengharapkan kepada ortu kedepan dapat menjaga anak masing-masing didalam siswa menghadapi UN hingga kamis mendatang. Diharapkan ortu ikut mengawasi anak didik agar fokus pada belajar. Disebut wabup hari ini dipantau oleh Rektor UN untuk melihat jarak dekat bagaimana UN di Rohil. Sampai setakat ini UN sukses dengan berjalan lancar dan aman.

Informasi yang dihimpun, di sekolah SMA Methodis Bagansiapiapi terjadi “human eror” tersebut yakni mata pelajaran bahasa inggris namun soalnya bahasa Indonesia sehingga harus dengan kebijakan menfotokopinya. (andi krc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar