Rabu, 25 April 2012

Training of trainer (TOT) pada guru PPKN SMU sederajat se-kabupaten Rohil dalam peningkatan peran serta masyarakat dalam pemilu


BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Training of Trainer (TOT) di gelar KPU Rokan Hilir. Acara tersebut melibatkan  guru PPKN SMU sederajat se-Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dalam peningkatan peran serta masyarakat dalam pemilu  DPRD,DPR RI,DPD, Pilkada Gubernur, Pilkada Bupati dan pemilihan presiden. Hadir mengikuti acara itu seluruh ketua dan sekretaris KPU se Provinsi Riau. Acara tersebut dibuka oleh ketua KPU Provinsi Riau H.Tengku Sadli,Msi dengan dihadiri oleh Bupati Rohil H.Annas Maamun, ketua DPRD Rohil Nasrudin Hasan, sejumlah kadis dilingkungan pemdakab Rohil dan tentunya guru PPKN. Acara di gelar di gedung serbaguna jalan Utama Bagansiapiapi, Rabu (25/4).

Dalam sambutannya, ketua KPU Rokan Hilir, H.Azhar Syakban menerangkan dirinya merasa bangga pada saat ini semua KPU se-Provinsi Riau menggunakan seragam yang sama. Disebutnya, penyelenggaraan TOT ini yang pertama sekali dilaksanakan didaerah yakni di Bagansiapiapi kabupaten  Rokan Hilir.

Disebut yang biasa dipanggil Wak Atan ini, penyelenggaraan TOT ini dapat diselenggarakan dengan menghadirkan seluruh KPU se-Riau adalah karena ada bantuan fasilitas oleh Pemerintah daerah Rokan Hilir. Dalam kesempatan itu, Azhar menyebutkan pasal peraturan yang menyebutkan pemerintah daerah/kota wajib  membantu KPU Daerah dan KPU Provinsi.

Dia mengatakan Kabupaten Rokan Hilir merupakan KPU yang kedua dibantu oleh pemerintah setempat dengan membangun sebuah kantor KPU sebagai penyelenggara pemilu sedangkan untuk pertama sekali kantor KPU dibantu dibangun pemerintah adalah KPU di Semarang. Sedangkan penyelenggaraan ini juga mendapat fasilitas oleh pemerintah. Hendaknya KPU daerah lain juga turut dibantu oleh pemerintah daerahnya.

"Hendaknya penyelenggaraan acara ini bukan hanya didaerah Rohil saja,  tetapi hendaknya juga di daerah lain mengikutinya,"kata Wak Atan ini.

Diharapkan ketua KPU Rohil ini kepada para peserta setelah mengkuti TOT ini dapat memberikan penyuluhan tentang pemilu kepada siswa di sekolah yang adalah pemilih pemula.

Lebih jauh Azhar Syakban mengharapkan kedepan dilakukan satu acara seminar kemudian dirangkum untuk diusulkan agar pengetahuan pemilu masuk kedalam kurikulum sekolah. Hal ini dikatakan Atan agar siswa dapat mengetahui tata cara pelaksanaan pemilu yang benar, tidak berpolitik berkepanjangan. Dijelaskan Atan bahwa menjadi KPU daerah saat ini sudah banyak di minati oleh masyarakat.

"Mantan walikota tanjung pinang saat ini juga menjadi anggota KPU,"tutur Azhar Syakban.

Sedangkan Bupati Rohil H.Annas Maamun, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang didaerah Rohil  kepada ketua dan sekretaris KPU daerah se-provinsi Riau. Dijelaskan oleh Wak Atan bahwa tempo dulu juga pernah datang ketua KPU Provinsi bahkan ketua KPU Pusat ke daerah Rohil.

 "Mudah-mudahan dengan dilaksanakannya TOT ini dapat bermanfaat sehingga pemilu gubernur, anggota DPRD, DPR RI, DPD mendatang semakin lebih baik lagi,"katanya.

Dalam kesempatan ini orang nomor satu di Rohil juga sempat menyentil bahwa dalam menghadapi pilgubri pada tahun mendatang para bakal calon sudah bergerak terlebih dahulu. "KPU belum bergerak bakal calon sudah mulai bergerak,"ujarnya.

Dikatakan orang nomor satu di Rohil agar dalam menghadapi  pemilu gubri mendatang para pemegang hak suara diharapkan berbondong-bondong menggunakan hak suaranya. Oleh sebab itu acara ini sangat berguna agar dapat mensosialisasikannya sejak sekarang kepada masyarakat sehingga dapat memberikan hak suaranya. Disebutnya,   parpol   tidak hanya semata ingin menang saja tetapi parpol juga harus ikut andil mengsosialisasikan kepada konstituennya.

“Bagaimana caranya semua yang memiliki hak pilih menggunakan hak pilihnya," pungkasnya. (andi krc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar