Senin, 27 Agustus 2012

Biaya pemberangkatan dan pemulangan JCH dari Bagansiapiapi ke Batam di tanggung Pemdakab Rohil


>> JCH termuda berumur 19 tahun dari kecamatan Pujud dan JCH tertua berumur 79 tahun dari kecamatan Bangko

BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Pelaksanaan ibadah haji merupakan perjalanan ibadah yang mensyaratkan bagi jemaah calon haji (JCH) memiliki kemampuan fisik, materi maupun mental yang baik. Oleh sebab itu kegiatan manasik haji sangat penting dalam rangka mempersiapkan CJH dengan pembekalan pengetahuan manasik dan perjalanan ibadah haji yang baik sebelum berangkat ketanah suci. Demikian di katakan oleh ketua penyelenggara manasik haji sekaligus halal bi halal Rokan Hilir 1433 H, Jon Syafrindow kepada KABARROHIL ketika ditemui disela-sela pembukaan acara manasik haji sekaligus acara halal bi halal yang di gelar di depan rumah dinas bupati jalan Perwira Bagansiapiapi, Senin (27/8).

"Pelaksanaan manasik haji bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang ilmu manasik haji dan hukum-hukumnya, meningkatkan kemampuan dan kesiapan fisik maupun mental dalam rangka meng-aplikasikan ilmu manasik haji dalam praktek pelaksanaan haji, miningkankan kualitas dan kuantitas ibadah pasca kepulangan haji dan memupuk ukhwah islamiah sesama jamaah,"ujar Jon syafrindow yang juga Asisten III bidang kesra pemdakab Rohil ini.

Dia menjelaskan kegiatan pelaksanaan manasik haji di laksanakan selama empat hari dimulai tanggal 26 kemaren hingga 29 Agustus 2012. Dikatakannya pelaksanaan bimbingan manasik haji di gedung serbaguna jalan utama Bagansiapiapi di ikuti sebanyak 323 orang JCH diantaranya 149 JCH laki-laki dan 174 JCH perempuan.

Dipaparkannya 323 JCH Rokan Hilir tersebut terdiri dari 49 JCH dari kecamatan tanah putih, 5 orang JCH dari kecamatan tanah putih tg melawan, 16 JCH dari kecamatan Kubu dan Kubu Babussalam, 15 JCH kecamatan Rimba Melintang, 9 JCH kecamatan pasir limau kapas, 3 JCH kecamatan batu hampar, 3 JCH kecamatan Rantau Kopar, 3 JCH kecamatan Sinaboi, 64 JCH kecamatan Bangko dan kecamatan Pekaitan, 29 JCH kecamatan Pujud, 19 JCH kecamatan simpang kanan, 85 JCH kecamatan Bagansinembah dan 25 JCH kecamatan Bangko Pusako.

"Jemaah calon haji bernama Siti Nurfalah Mariyam binti Ilyas (19) adalah JCH termuda berasal dari kecamatan pujud dan JCH tertua Suparmi binti Marzuki (79) dari kecamatan Bangko,"ujar Jon Syafrindow.

Sedangkan dari 323 JCH Rohil tersebut 32 orang diantaranya merupakan JCH yang mendapat bantuan ONH dari Pemdakab Rohil yakni satu orang tim petugas haji daerah (TPHD) yaitu Yan Faisal, satu orang tim kesehatan haji daerah (TKHD) yaitu dr Netty Juliana (puskesmas panipahan) dan 30 orang lainnya merupakan JCH biasa.

"Untuk kelancaran dan suksesnya penyelenggaraan bimbingan manasik ini para peserta disediakan konsumsi dan akomodasi dengan dibebankan kepada APBD Rohil TA 2012. Kemudian biaya pemberangkatan JCH dan pemulangan JCH yang dibandingkan dengan kabupaten/kota lain ditanggung oleh JCH sendiri namun dengan pelbagai pertimbangan dan kebijakan bupati maka biaya pemberangkatan naik bus dari Bagansiapiapi ke Pekanbaru, biaya pesawat dari Pekanbaru ke embarkasi Batam, serta biaya makan minum dan penginapan/hotel, bimbingan manasik haji disertai bantuan ONH sebanyak 32 orang semua biayanya di tanggung oleh pemda,"pungkasnya. (andi krc)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar