Sabtu, 29 September 2012

Distannak Rohil : Puskeswan siap lakukan vaksinasi rabies



BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Vaksinasi rabies dilakukan pada bulan November 2012 mendatang. Karena kemaren pada bulan Juni 2012 sudah dilakukan vaksinasi. Hal ini ditegaskan oleh Kadis Pertanian dan peternakan Rokan Hilir (Kadistannak Rohil) kepada KABARROHIL ketika ditemui di ruang kerjanya kantor Distannak Rohil di batu enam “New City” komplek perkantoran pemerintah Rohil jalan Kecamatan Bagansiapiapi, Sabtu (29/9).

Namun demikian, dia sangat menyambut baik atas partisipasi masyarakat yang dengan sukarela mengantarkan hewan ternaknya untuk di lakukan vaksin rabies. Karena disebutnya, jika menyayangi binatang maka hewan peliharaannya harus di jaga dan dilakukan vaksin rabies.

"Sekarang menghimbau kepada pemilik hewan agar melakukan vaksin binatangnya ke puskeswan terdekat,”katanya.

Dijelaskannya sebagai pengetahuan awal kepada masyarakat dan pemilik hewan peliharaan bahwa tanda-tanda binatang atau hewan terjangkit rabies yakni binatang yang biasanya menyerang mengigit manusia. Kemudian binatang hewan yang kebiasaan menggigit-gigit benda. Selanjutnya disebutnya binatang hewan yang memiliki air liur terlalu banyak di mulutnya. Kemudian itu lanjutnya mengatakan bahwa Binatang hewan yang terjangkit penyakit rabies biasanya hanya berumur selama 14 hari dan langsung mati. Sebelum terjangkit dan menjalar ke manusia maka hendaknya hewan peliharaan di vaksin rabies. Karena ditambahkannya penyakit rabies bisa terjangkit ke manusia bila manusia digigit oleh binatang yang terkena penyakit rabies. Dijelaskannya obat vaksin rabies di wilayah Rokan Hilir sudah tersedia sebanyak 2000 doziz. Obat tersebut berada di puskeswan (pusat kesehatan hewan,red).

"Kebutuhan dan stok kesediaan vaksin tidak ragu. Hanya tinggal kesadaran masyarakat saja terhadap terjangkitnya penyakit rabies terhadap binatang hewan peliharaannya,"ujarnya.

Sedangkan untuk melakukan vaksin massal di gelar pada bulan 11 mendatang. Saat ini di lakukan sosialisasi dengan himbauan spanduk dan plakat. Untuk melakukan vaksin, ditambahkannya jika perlu petugas nanti melakukan sistem door to door.

Disebutnya dibeberapa tempat telah dilakukan himbauan kepada masyarakat agar membawa hewannya ke Puskeswan untuk di vaksinasi. Dijelaskannya, puskeswan di Rokan Hilir berada di kecamatan Bangko Pusako, kecamatan Bagansinembah dan di kecamatan Bangko.

“Dokter hewan saat ini ada tiga orang dokter. Kedepan kita mengharap disetiap puskeswan ada 2 (dua) orang dokter hewan,”pungkasnya. (andi krc).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar