Senin, 05 November 2012

Komisi A DPRD Riau, Komisi I DPRD Rohil dan Pemdakab Rohil ke Pulau jemur, Mensinergikan pengembangan Pulau terdepan di wilayah kabupaten Rokan Hilir



PULAU JEMUR,KABARROHIL-Rombongan komisi “A “ anggota DPRD Riau yang dipimpin langsung ketua komisinya Masnur dari partai Golkar, beserta anggota lainnya menuju ke Pulau Jemur, Senin (5/11). Anggota DPRD Riau tersebut diantaranya Riki Hariansyah (Partai PKB), Syafruddin Saan (partai PDI-P), Azmi Setiadi (partai PAN). Komisi A DPRD Riau tersebut didampingi oleh anggota DPRD Rokan Hilir dari  komisi I diantaranya  H.Rasmali,SH, Bachid Madjied, Karmila.S.kom, dan ketua komisi I DPRD Rohil Dedi Humadi. Dalam rangka kunker anggota DPRD tersebut ikut juga pemdakab Rokan Hilir wabup H.Suyatno dan Asisten I Pemdakab Rohil Wan Rusli Syarief, kadiskanlut Ir.Amrizal, Kabag protocol Setdakab Rohil Dedi Rustiadi dan PNS lainnya. Rombongan disambut baik oleh Setcam Pasir Limau Kapas (Palika) Asiddiq dan empat kepenghuluan lainnya.

Dalam kunjungan tersebut anggota DPRD Riau, anggota DPRD Rohil dan pemdakab Rohil menitik beratkan untuk fokus pada masalah tapal batas wilayah. 

Selain itu wabup H.Suyatno mengharapkan ada sinergi antara DPRD Riau dengan DPRD Rohil dan Pemdakab Rohil di dalam mengembangkan daerah pulau terdepan wilayah kabupaten Rokan Hilir pada khususnya dan wilayah Indonesia pada umumnya.

Sebagai langkah awal, disebut wabup H.Suyatno berkomitmen bersama-sama  membangun sarana dan prasarana di gugusan Pulau jemur tersebut. Lanjutnya mengatakan Gugusan Pulau Jemur yang merupakan Pulau terdepan (pulau terluar,red) wilayah kabupaten Rokan Hilir terletak ditempat strategis perbatasan dengan Negara tetangga dengan berjarak tempuh lebih kurang 45 mil laut. Dikatakannya gugusan Pulau tersebut terdiri dari pulau Tukong mas, Pulau Tukong Simbang, Pulau Sarang Elang, Pulau Labuh Bilik, Pulau Jemur, Pulau Batu Mandi, Pulau Batu Adang, Pulau Tukong Perak, Pulau Pertandangan dan Pulau Batu Berlayar.

“Di Pulau ini terdapat spesies Penyu langka yakni penyu hijau yang dapat bertelur di bawah lapisan pasir pantai setiap bertelur sebanyak 100 hingga 150 butir telur,”ujar wabup H.Suyatno.

Dikatakan wabup H.Suyatno atas kunjungan melihat langsung kondisi alam Gugusan Pulau terluar tersebut diharapkan DPRD Riau, dan DPRD Rohil beserta Pemerintah Rokan Hilir bersinergi untuk mendapat dana APBN yang diusulkan kepada Badan Nasional Pengelola Perbatasan Republik Indonesia (BNPP).

Dijelaskannya pelbagai kegiatan pembangunan untuk kecamatan Pasir Limau kapas khususnya di kepulauan Aruah dengan dana usulan sebesar Rp 28 Milyar. Hal ini untuk pelbagai pembangunan diantaranya satu unit lengkap pembangunan tower bersama Telkom di Pulau Jemur, pembangunan dermaga ponton pelelangan ikan di Pulau jemur, pembangunan ponton lengkap di Pulau jemur, pembangunan gedung pustu lengkap di Pulau jemur, pembangunan gedung SD, pembangunan jalan lingkungan di pasir limau kapas, pembangunan jalan di lingkungan Pulau jemur, Pembangunan Tempat Pelalangan Ikan (TPI) dan pembangunan jalan lingkungan di Pulau jemur..

“Mudah-mudahan dengan kunker anggota DPRD Riau komisi A ini dapat sebagai langkah sinergi untuk pengembangan Pulau Terdepan di wilayah kabupaten Rokan Hilir ini,”tandasnya. (krc 03).  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar