Selasa, 14 Desember 2010

KAPAL PUSKESMAS KELILING BAKAL DI OPERASIKAN.

BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir melalui Dinas Kesehatan memprogramkan 1(satu) unit kapal laut puskesmas sebagai upaya memenuhi sarana dan prasarana medikal dalam pelayanan kesehatan masyarakat, mengingat daerah dan wilayah kabupaten Rokan Hilir terdapat pulau-pulau seperti pulau halang dan pulau-pulau di kepulauan pulau jemur. Kapal puskesmas tersebut sebagai sarana transportasi angkutan berobat laut bagi masyarakat pesisir pantai yang tidak terjangkau oleh jalan darat. Demikian dikatakan oleh Kadiskes Rokan Hilir Dr Junaidi Saleh kepada KABARROHIL ketika ditemui di bagansiapiapi, Selasa (14/12).

Menjawab KABARROHIL, Kadiskes Rokan Hilir ini mengatakan bahwa pengadaan 1(satu) unit kapal puskesmas keliling tersebut sesuai usulan masyarakat terutama masyarakat diwilayah pesisir wilayah kabupaten Rokan Hilir.

“Bantuannya hanya satu unit kapal puskesmas keliling untuk kebutuhan darurat antar jemput pasien seperti di Pulau Halang. Misalnya pasien melahirkan yang memerlukan rujukan dan pasien sakit lainnya yang memerlukan rujukan ke Bagansiapiapi. Pengadaannya tersebut sesuai usulan dari masyarakat,”ujarnya.

Diterangkannya bahwa kapal puskesmas keliling berikut dengan mesin tersebut dilengkapi peralatan medis dan perlengkapan obat-obatan. Sedangkan menyangkut tenaga medis yang bertugas dikapal puskesmas keliling tersebut masih dalam proses.

"Mengenai tenaga medis untuk melayani pasien dikapal sedang dirundingkan dengan Bupati, apalagi belum dilakukan serah terima. Saya mengharapkan kapal puskesmas keliling digunakan sebaiknya untuk keperluan berobat darurat, karena ada rencana kedepannya akan dilakukan penambahan,"ungkapnya.

Sementara Informasi yang diperoleh KABARROHIL dan dihimpun, serah terima kapal bantuan puskesmas keliling itu secara simbolis dari Pemerintah daerah kepada pihak puskesmas kecamatan pasir limau kapas (Panipahan dan Pulau Halang,red) direncanakan hari Rabu (15/12) digedung serbaguna Bagan siapiapi. (gun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar