Kamis, 16 Desember 2010

Rohil Butuh 42 Dokter spesialis

BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Dalam meningkatkan pelayanan dibidang kesehatan kepada masyarakat maka pemdakab Rokan Hilir (Rohil) mencanangkan Puskesmas rawat inap di setiap kecamatan. Puskesmas rawat inap tersebut dibangun karena dapat meningkatkan pelayanan kesehatan seperti yang telah dibangun puskesmas rawat inap tanah putih, puskesmas rawat inap Pujud dan puskesmas rawat inap Sedinginan. Demikian dikatakan oleh Bupati H.Annas Maamun ketika ditemui KABARROHIL di gedung waki rakyat jalan merdeka Bagansiapiapi, Rabu (15/12) kemaren.

Ia mengatakan bahwa Pemkab Rohil mencanangkan puskesmas rawat inap tersebut ada disetiap kecamatan. Dikatakannya jika memenuhi lokasinya maka puskesmas lama akan direhab lagi sedangkan jika lokasi tidak memenuhi untuk perkembangannya maka di carikan solusi untuk lokasi baru.

“kita akan canangkan Puskesmas rawat inap dengan lokasi yang luas seperti puskesmas rawat inap di tanah putih. Puskesmas tersebut mempunyai halaman parkir yang luas yang dapat dipergunakan untuk parkir kenderaan roda dua dan kenderaan roda empat. Kemudian bangunannya ada ruang pasien menginap, ruang ronsen, ruang bersalin, ruang pelayanan, ruang unit darurat dan ruang lainnya yang diperlukan pada puskesmas rawat inap,”katanya.

Diterangkannya puskesmas rawat inap diperlukan lokasi yang luas karena program kedepan dalam mengembangkan dan meningkatkan status dan tipe puskesmas rawat inap untuk menjadi rumah sakit bertipe kecil. Dikatakannya seperti puskesmas rawat inap di tanah putih saat ini, sekilas orang akan menyangka puskesmas tersebut adalah rumah sakit meskinpun kedepannya akan dprogramkan demikian. Namun diungkapkan oleh orang nomor satu di Rohil ini bahwa sejalan dengan program tersebut pemdakab Rohil saat ini sangat memerlukan tenaga medis dokter seperti dokter spesialis kandungan, dokter spesialis penyakit dalam dan dokter spesialis anak yang untuk ditempatkan di puskesmas rawat inap.

“Disetiap puskesmas rawat inap kita memerlukan dokter spesialis kandungan, dokter spesialis penyakit dalam dan dokter spesialis anak. Mengenai sarana dan prasarana pemdakab upayakan untuk memenuhi meningkatkan pelayanan dibidang kesehatan kepada masyarakat,”tandasnya.

Informasi yang dihimpun, wilayah kabupaten Rokan hilir sekarang sudah menjadi 14 kecamatan. Jika disetiap kecamatan memerlukan 3 dokter spesialis maka Rokan Hilir memerlukan 42 dokter spesialis. Yaitu dokter spesialis penyakit dalam 14 dokter, dokter spesialis kandungan 14 dokter dan dokter spesialis anak 14 dokter. (andi wrc).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar