Selasa, 27 Desember 2011

Pohon Di Tobang banjir menghadang, Gerakan penanaman satu Milyar pohon


BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Bupati Kabupaten Rokan Hilir H.Annas Maamun geram atas ijin HPH PT Sumatera Riang Lestari di daerah kabupaten Rokan Hilir (Rohil)  yang di berikan oleh kemenhut pusat Jakarta. Karena  memberikan ijin tanpa meninjau terlebih dahulu  daerah atau lokasi yang diberikan ijin tersebut apakah masih hutan atau merupakan perkampungan penduduk. Hal ini disebutnya karena ijin HPH yang diberikan ke daerah Rohil merupakan tanah desa yang didiami oleh masyarakat kabupaten Rokan Hilir. Hal ini disampaikan orang nomor satu di Rohil tersebut ketika mendapat kunjungan reses dari anggota DPR-RI Wan Abu Bakar, Selasa (27/12). Orang nomor satu di Rohil mengatakan hal ini ketika di temui KABARROHIL seusai mengikuti acara penanaman serentak satu milyar pohon di sepanjang pesisir sungai Rokan batu enam komplek perkantoran Bagansiapiapi.

“Seluas puluhan hektar merupakan desa saat ini disebut hutan. Mengapa memberikan ijin tidak meninjau terlebih dahulu. Mengapa memberikan ijin tidak berkonsolidasi terlebih dahulu dengan kepala daerah yang mengerti seluk beluk daerahnya,”ujar H.Annas Maamun.

Kemudian itu, Dia juga tidak habis pikir otonomi daerah untuk memajukan daerahnya terhambat oleh karena HPH PT Diamond Timber. Hal tersebut karena pemkab ingin membangun jalan Sinaboi ke Dumai untuk menghubungkan dan merangkai daerah-daerah terisolir terhambat oleh ijin HPH PT Diamond.

“Masak kami ingin membangun jalan untuk kepentingan masyarakat banyak tidak boleh karena adanya ijin HPH PT Diamond tersebut. Padahal jalan yang akan kami bangun sepanjang pesisir wilayah Rokan Hilir itu sudah tidak ada lagi pohon kayu besar,”ujarnya.

Dalam gerakan penghijauan daerah ini bupati mengintruksikan agar gerakan penanaman satu milyar pohon itu bukan dengan menanam daerah HPH, tetapi menanam di daerah lingkungan masing-masing sehingga menjadi hijau. Penanaman pohon serentak yang ditaja Dinas Kehutanan Rohil ini di buka oleh Bupati kabupaten Rokan Hilir. Dalam hal ini juga  dihadiri oleh anggota DPR-RI wan Abu bakar. Penanaman serentak di kawasan batu enam komplek perkantoran Bagansiapiapi ini merupakan penanaman satu pohon satu orang. Tampak menanam pohon itu wakil bupati Rohil H.Suyatno, ketua DPRD Rohil Nasrudin Hasan, Kapolres Rohil AKBP Auliansyah Lubis, Sik,MH, Lembaga Adat Melayu Riau, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Pengadilan agama,  semua kepala dinas, badan dan kantor dilingkungan Pemdakab Rohil. Penanaman satu Milyar (one Billion Indonesian Trees/OBIT, red) mengangkat thema “Pohon di Tobang banjir menghadang”. (andi krc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar