Selasa, 17 Januari 2012

Selain memberikan penghargaan, Kadispenda Rohil juga mengusulkan daerah wajib pajaknya meningkat agar dana pembangunan daerahnya ditambah


Kesadaran warga masyarakat Rokan Hilir sebagai wajib pajak sudah tinggi. Hal ini setelah dapat meningkatkan pendapatan daerah di sector pajak dan retribusi tersebut. Namun wajib pajak masih juga ada beberapa  yang komplen terhadap nilai pajak yang harus disesuaikan dengan kondisi sebenarnya.

BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Ka. Dispenda Rohil H Drs Wan Ahmad Saiful,Msi  mengatakan kepada KABARROHIL seusai pemberian hadiah undian kepada wajib pajak di kantor bupati Rokan Hilir Jalan Merdeka Bagansiapiapi,Selasa (17/1) bahwa perlu penghargaan kepada wajib pajak tersebut. Hal ini disebutnya, kalau bisa siapa yang meningkat kewajiban bayar pajaknya maka  akan diusulkan agar ditingkatkan dana pembangunan daerahnya tersebut. Dijelasnya penghargaan untuk daerah ini juga diberikan  hadiah komputer  dalam meningkatkan administrasi daerahnya.

Drs Wan Ahmad Saiful, Msi mengatakan dengan data baru jika diterapkan maka target 40 milyar rupiah dapat dicapai. Oleh sebab itu dihimbau kepada warga masyarakat yang memiliki tanah kebun dan rumah agar dapat memberitahukan segera kepada pihak Dispenda Rohil untuk dilanjutkan pendataan di kantor pajak pratama Dumai.  Disebutnya sebanyak 11 pajak dijalankan oleh Dispenda saat ini, sedangkan 17 perda yang baru disahkan 10 perda diantaranya sudah bisa dijalankan dan 7 perda lagi masih proses di Depkeu.

Disebutnya juga Dishub Rokan Hilir telah ada pajak seperti pajak retribusi parkir. Dikatakannya target 200 juta rupiah tahun ini, sedangkan Dinas pasar Rohil tahun ini target 500 juta rupiah. Dengan demikian lanjutnya mengatakan realisasi pada tahun ini bisa mencapai hingga 30 milyar rupiah. Dikatakannya Keseluruhan pendapatan daerah target 1,4 triliun rupiah pada realisasi mencapai 1,6 triliun rupiah. Sedangkan traget PBB 5 milyar rupiah namun hasil mencapai 2 milyar rupiah. Hal ini, disebutnya  karena objek pajak yang telah  pemetakan tanah namun tidak dilaporkannya. Kemudian ada juga para wajib pajak mempertanyakan perbedaan nilai wajib pajaknya sementara objek pajak dengan yang lainnya sama baik ukuran maupun type rumah sehingga mereka komplen. Wajib pajak tersebut mau membayar namun dia ingin disesuai dengan kondisi sebenarnya, sebut Kadispenda Rohil ini.

"Komplennya bukan tidak mau membayar tetapi cuma ditanyakan kenapa ada orang lain dengan kondisi yang sama namun pembayarannya berlainan,"pungkas Wan Ahmad Saiful.

Informasi yang didapat dan dihimpun, Hadiah piagam penghargaan prestasi kelurahan dan kepenghuluan tingkat pelunasan tertinggi I pembayaran PBB pedesaan dan perkotaan Rohil diberikan kepada Kepenghuluan Sinaboi, kepenghuluan Mukti Jaya, kepenghuluan Rantau Kopar, dan kepenghuluan Balam Sempurna. Sementara itu,  di tingkat kecamatan diberikan kepada kecamatan Bagan Sinembah. Piagam penghargaan itu diterima langsung oleh penghulu dan camatnya.

Sedangkan yang memperoleh undian satu unit sepeda motor berikut helm untuk wilayah I yakni Basyori dari desa teluk bano II, untuk wilayah II Panut dari desa teluk pulau hilir, untuk wilayah III Sriati dari desa sintong dan wilayah IV Sunardi dari kelurahan bagan batu. (andi krc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar